Penguatan Pancasila Redam Potensi Disintegrasi

Sosialisasi empat pilar anggota DPRRI Bambang Riyanto di Polokarto Sukoharjo.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Merebaknya sejumlah isu konflik di Indonesia menyebabkan potensi disintegrasi masih bisa terjadi. Nampak sejumlah daerah juga sedang terdampak konflik. Berkaca pada sejumlah konflik disintegrasi di Indonesia, perlu langkah antisipasif untuk menanggulanginya. DPR MPR juga ikut ambil peran dengan aktif melakukan sosialisasi empat konsensus kebangsaan.

“Konflik yang terjadi bisa menjadi embrio perpecahan atau disintegrasi. Baik itu sesama kelompok maupun dengan kelompok lain. Beberapa kali ada tamu dari daerah yang curhat tentang ketidakadilan di daerah mereka dan arahnya minta pemekaran. Hal ini sangat memprihatinkan karena mengancam kesatuan dan persatuan bangsa.” ungkap Bambang Riyanto, anggota Fraksi Gerindra DPRRI, saat sosialisasi empat konsensus kebangsaan di Wonorejo, Polokarto, Sukoharjo, Sabtu (22/7/2017).

Gerakan sosialisasi nilai nilai Pancasila yang menjadi program wajib seluruh anggota DPR MPR cukup efektif menjangkau masyarakat hingga ke pelosok daerah. “Asalkan program ini konsisten dilaksanakan anggota MPR DPR maka penanaman kembali nilai nilai Pancasila bisa menjadi salah satu upaya efektif yang dilakukan untuk menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.” tandas anggota komisi II yang juga mantan bupati Sukoharjo.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan faktor nasionalisme juga berkurang lantaran faktor kesenjangan ekonomi. Hal itu juga dipengaruhi akibat belum terlaksananya pasal 33 UUD 45 yang menjadi domain utama pengelolaan ekonomi dalam negara Indonesia.

“Kita lihat sumber daya alam yang ada di Papua yang sebegitu banyaknya, tapi apakah masyarakat kita menikmati dari hasil bumi ini,..? Jawabannya tentu tidak. Dan itu baru di bumi Papua, belum diberbagai daerah yang lain. Padahal dalam isinya jelas disebutkan Bumi, air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasi oleh Negara dan dipergunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat. Kalau hal ini dijalankan dengan benar dan seksama, harusnya negara kita tidak miskin lagi,” tandasnya

Dalam acara sosialasi tersebut, juga turut dan menjadi pembicara yaitu mantan Wakil Bupati Sukoharjo periode 2010 – 2015 Haryanto, Wakil Ketua DPRD Sukoharjo Eko Sapto, dan DT Siswadi dari akademisi. Acara tersebut diikuti dengan seksama oleh warga sekitar yang memang menyambut dengan antusias kedatangan anggota DPR RI tersebut. (jia)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress