PT Konimex Perbaiki Sanitasi SD di Sukoharjo

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Sebagai salah satu rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PT Konimex yang ke-50 yang jatuh pada Juni lalu, PT Konimex menginisiasi program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bertema Proyek Sanitasi Sekolah yang befokus pada pembangunan dan perbaikan fasilitas sanitasi di Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo. Acara peletakan batu pertama secara resmi dilakukan Selasa (8/8/2017) berlokasi di SDN Sanggrahan 01.

Rachmadi Joesoef selaku Direktur PT Konimex mengatakan,”Hari ini secara resmi kami melakukan peletakan batu pertama dimulainya Proyek Sanitasi Sekolah yang kami lakukan di 75 SD di Kabupaten Sukoharjo yang mencakup area Grogol, Baki, Sukoharjo dan Bendosari. Ini merupakan wujud nyata dari PT Konimex yang berkomitmen untuk ‘Ikut Menyehatkan Bangsa’ dengan membangun dan atau memperbaiki fasilitas sanitasi dasar. Hari ini kegiatan kami lakukan di SDN Sanggrahan 01 sebagai salah satu sekolah penerima bantuan.”

Rangkaian kegiatan “Proyek Sanitasi Sekolah” telah dimulai sejak acara Konimex Run For Health pada bulan Mei 2017 lalu, yang merupakan acara lari half marathon pertama di Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo. Acara ini adalah salah satu upaya PT Konimex dalam mengajak partisipasi masyarakat, karena dengan total KM yang terkumpul, para peserta dapat turut berkontribusi dalam pembangunan toilet dalam program Proyek Sanitasi Sekolah.

Proyek Sanitasi Sekolah juga diusung untuk mendukung program pemerintah. Mewujudkan Indonesia dengan 100% akses sanitasi bagi seluruh lapisan masyarakat di 2019 merupakan salah satu fokus pemerintah saat ini. Di Sukoharjo sendiri, ratio perbandingan jumlah toilet dengan siswa belum seimbang. Adapun toilet yang tersedia belum secara keseluruhan memenuhi standard kelayakan sanitasi dasar untuk terciptanya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo, hanya 40% sekolah dasar di Sukoharjo dengan kondisi toilet yang memadai.

Dalam proses pelaksanaannya, PT Konimex turut mendapatkan dukungan dari pihak pemerintah setempat sebagai bentuk perwujudan pihak swasta dalam mendukung program pemerintah, terutama dalam pemenuhan akses sanitasi yang layak.

H. Wardoyo Wijaya, S.H, M.H., selaku Bupati Sukoharjo yang turut hadir dalam acara ini mengatakan “Kami sangat mengapresiasi kegiatan Proyek Sanitasi Sekolah yang diusung oleh PT Konimex bagi Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo. Pembangunan sanitasi ini tentunya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Sukoharjo. Hingga saat ini kurang lebih ada 229 penghargaan tingkat nasional yang kami dan Dinas Pendidikan raih demi memajukan masyarakat. Dengan adanya dukungan dari pihak swasta, tentunya masyarakat Kabupaten Sukoharjo sangat senang dan berterima kasih karena telah menjadi bagian dan berkontribusi langsung dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.”

Dalam proses pelaksanaannya, PT Konimex bekerja sama dengan Yayasan Persada, mitra lokal yang membantu melakukan pemilihan Sekolah Dasar penerima bantuan.

Bernadeta Widiandayani selaku Direktur Persada menjelaskan, “Selama 3 bulan kami melakukan assessment terhadap Sekolah Dasar – Sekolah Dasar di Sukoharjo. Proses pemilihan sekolah kami lakukan berdasarkan penilaian serta evaluasi berdasarkan kondisi fasilitas sanitasi dan rationya terhadap jumlah murid sehingga sekolah yang menerima bantuan untuk dibangun dan atau diperbaiki fasilitas sanitasinya oleh PT Konimex memang yang benar-benar membutuhkan. Bersama PT Konimex kami juga akan mengadakan Training of Trainers (ToT) untuk memberikan edukasi akan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Hal ini yang membuat inisiatif Proyek Sanitasi Sekolah menjadi program yang tidak hanya penting tapi juga bermanfaat untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat.”

Kegiatan Training of Trainers (ToT) akan diadakan pada 9 Agustus 2017 di Aula Dinas Pendidikan Sukoharjo. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan seluruh anggota dari sekolah akan semakin menyadari pentingnya pola hidup bersih dan sehat sehat, serta menjaga fasilitas sanitasi yang telah diperbaiki maupun dibangun agar terus terjaga kebersihannya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak mulai dari pemerintahan, Persada, dan masyarakat setempat atas dukungan yang diberikan kepada Proyek Sanitasi Sekolah. Kami berharap kegiatan ini menjadi awal yang baik untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik dan mewujudkan Indonesia yang lebih sehat,” tutup Rachmadi. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Themewordpress
Advertisment ad adsense adlogger