UKM Karangpandan Sulit Berkembang

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Potensi Usaha Kecil Mikro (UKM) di desa Doplang, Karangpandan, Karanganyar cukup besar. Khususnya bidang home industri, seperti pembuatan tempe, keripik, sosis, roti dan sejenisnya.

Namun agak sulit berkembang, karena terkendala tiga faktor utama, yakni permodalan, pemasaran dan SDM.

Hal tersebut disampaikan sekretaris desa Doplang, Ade Irawan, seusai acara pembinaan UKM dan permodalan yang diselenggarakan mahasiswa KKN Unisri, Kamis (10/8/2017), bertempat di balai desa setempat.

Lebih lanjut, Ade, memaparkan berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan manajerial pelaku usaha melalui pelatihan, termasuk menggandeng KKN Unisri menghadirkan narasumber dari akademisi dan konsultan bisnis, serta perbankan.

Salah satu panitia penyelenggara, Rizky Agustin, menyampaikan program pembinaan UKM dan permodalan merupakan salah satu agenda kegiatan KKN dikelompoknya. Dipilihnya kegiatan ini didasari masukkan dari perangkat desa dan tokoh masyarakat desa Doplang.

Kegiatan pembinaan disambut antusias para pelaku usaha. Direktur Amalia Consulting yang sekaligus dosen fakultas ekonomi Unisri, Suharno, memaparkan ada tiga syarat menjadi wirausaha sukses yaitu kerja keras, kerja cerdas dan kerja waras.

” \Kerja keras saja tidak cukup. Saat ini era persaingan yang sangat ketat dibarengi perkembangan IPTEK yang pesat, akibatnya daur hidup produk sangat singkat. Maka bila tidak kreatif akan tersingkir dan tersungkur,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Suharno, menyarankan bila baru merintis usaha sebaiknya tidak mengakses permodalan dari perbankan lebih dulu. Namun gunakan aset yang dimiliki secara optimal. Bila sudah jelas prospek pasar barulah mencari tambahan modal kerja dari perbankan.

Pembicara kedua, Agus dari BRI Karangpandan, menyampaikan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR). Peserta yang hadir banyak mengajukan pertanyaan seputar persyaratan dan prosedur pengajuan kredit modal kerja yang dibiayai KUR. (arn)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress