Unisri Dampingi UKM Tenun Lurik di Trucuk Klaten

JATENGONLINE, SOLO – Dalam upaya pemberdayaan masyarakat, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo melakukan pengabdian kepada masyarakat terhadap pengrajin tenun lurik tradisional di Trucuk, Kabupaten Klaten. Kegiatan berupa pelatihan dan pendampingan ini sebenarnya telah dilaksanakan sejak April dan akan berkahir Nopember 2017.

Menurut Ketua Pelaksana Ir Saiful Bahri, kegiatan pengabdian itu dibiayai Kementerian Ristek Dikti dengan skim Iptek Bagi Masyarakat (IbM) tahun anggaran 2016. Kegiatan melibatkan dua UKM sebagai mitra, yaitu UKM Tenun Lurik Tradisional di Desa Mbero dan Desa Sajen Kecamatan Trucuk, Klaten.

“UKM tenun lurik tradisional menghasilkan kain tenun lurik tradisional yang bagus kualitasnya. Sementara sisa atau bekas kain limbah dimanfaatkan oleh UKM ILUFI untuk dimanfaatkan menjadi aneka handycraft,” imbuhnya.

Adapun output atau luaran dari kegiatan pembinaan itu berupa kuantitas dan kualitas tenun lurik semakin banyak, produk handycraft tenun dari limbah tenun lurik lebih beraneka ragam, dan kemasan produk memiliki nilai jual lebih tinggi, serta jangkauan pemasaran lebih luas.

Untuk mencapai luaran yang diharapkan, di samping melakukan pendampingan usaha produksi kepada ke dua mitra, Tim Pelaksana UNISRI juga memberi bantuan berupa alat skir, klos berdinamo, mesin jahit, mesin obras, dan bantuan bahan-bahan untuk menunjang kegiatan produksi aneka handycraft. (ina)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress