Arka Pinandhita Tampil Mempesona

JATENGONLINE, SOLO – “Kakang Brajadenta, rupaku wis buto elek, di sio-sio lan dielek elek manungso, nanging aku emoh nek kelakuan lan solah tingkahku yo elek, kakang. Aku netepi kautamaning ksatriya, kakang. Aku emoh melu tumindakmu…

Merupakan penggalan lakon “Gatotkaca Winisuda” yang dimainkan oleh dalang cilik asal Solo, Arka Pinandhita, siswa kelas 1 SD Cemara Dua, tampil menggemaskan saat melakukan aksinya memainkan wayang kulit di Taman Budaya Jawa Tengah dalam Festival Temu Dalang Bocah Nusantara (TDBN) 2017. Sabtu (23/9/2017).

Arka Pinandhita adalah salah satu dari 187 dalang cilik yang tampil di kelompok usia PAUD hingga SD kelas II dengan durasi penampilan selama 20 menit.

Arka Pinandhita

Malam pertama, Sabtu (23/9/2017), dari helatan selama sepekan, Arka berkreasi, mulai dari suluk nya yang panjang di barengi ‘sabetan’ dan hempasan wayang kulit di kelir membuat penonton terkesima.

Gaya memutar wayang kulit diatas kepalanya, membuat Arka, yang beranjak usia 7 tahun itu, kian mantap memainkan wayangnya, kepiawaiannya terlihat dari ketrampilan tangannya.

Tiga kelir yang disediakan oleh panitia, para dalang cilik diberikan kebebasan untuk memilih lakon, dengan gaya pewayangan masing-masing sesuai kemampuannya. Namun demikian, lakon yang dibawakannya harus mendidik.

Dalam gelaran pakeliran ini, satu dalang yang tampil, membawakan satu cerita dengan durasi masing-masing kelompok. Sehingga lebih atraktif dan tidak membosankan ketika ditonton.

Sanggar Soratama sebagai pemrakarsa acara ini, optimis perkembangan sanggar wayang kulit didaerah trennya meningkat, terbukti dengan banyaknya peserta di (TDBN) 2017 ini, yakni ada 28 kota di Jawa turut partisipasi.

Pentas wayang kulit ini, mendapatkan perhatian dari penonton, baik kalangan dewasa maupun anak- anak, festival ini berlangsung hingga Sabtu (30/9/2017) mendatang. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress