Decak Kagum Sabetan Dalang Cilik

SULUK DALANG CILIK – Dalang cilik asal Solo, Arka Pinandita, murid kelas 1 SD Cemara Dua, tengah beraksi membawakan lakon “Gatotkaca Winisuda” pada Festival Temu Dalang Bocah Nusantara (TDBN) 2017 di Taman Budaya Jawa Tengah. Sabtu (23/9/2017).

JATENGONLINE, SOLO – Masyarakat Solo dan sekitarnya selama sepekan akan disuguhi tampilan menarik, sebanyak 187 dalang bocah dari 28 kota, pada Festival Temu Dalang Bocah Nusantara (TDBN) ke-7 yang dihelat 23-30 September 2017 di Taman Budaya Jawa Tengah.

Ratusan talenta dalang cilik itu tampil nonstop menyuguhkan kepiawaiannya memainkan wayang kulit dengan beragam lakon.

Ketua Panitia TDBN 2017, Singgih Sri Cundomanik menerangkan, 187 dalang cilik itu akan tampil dalam tiga kelompok dengan durasi penampilan yang berbeda-beda. Mereka yang usia PAUD hingga SD kelas II masing-masing tampil dengan durasi 20 menit.

“Para dalang cilik silakan berkreasi, memilih lakon, dan gaya pewayangan masing-masing sesuai kemampuannya. Dengan lakon yang dibawakannya harus mendidik,” papar Singgih, disela pentas dalang cilik hari pertama, Sabtu (23/9/2017)

Sedangkan kelompok B, lanjutnya, akan menyajikan peserta dari usia kelas III SD hingga kelas V dengan durasi masing-masing 30 menit. Dan durasi pentas masing-masing 40 menit untuk kelompok terakhir yakni dalang cilik yang berusia kelas VI sampai Kelas 2 SMP .

“Jumlah peserta tahun ini terbanyak, sejak dihelat 2005 lalu, dalang cilik yang tampil kala itu hanya 29 anak,” tegasnya.

Pimpinan Padepokan Seni Sarotama, Mujiyono, sebagai pemrakarsa acara ini mengatakan, selain jumlah peserta yang makin banyak, yang datang dari 28 kota di Jawa. Sebagai bukti semakin tumbuhnya sanggar-sanggar pewayangan di daerah.

“Perkembangan dalang cilik sukup bagus. Dan tahun ini 14 dalang cilik di Karanganyar terpilih untuk dikirim ke Festival Dalang Bocah Nasional,” pungkas Mujiono. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress