207 Calon Wisudawan UNISRI Solo Peroleh Pembekalan

Wakil Rektor Unisri Solo,  Dr. Sutoyo MPd dalam acara pelatihan pengembangan kepribadian bagi calon wisudawan tahun 2017. Senin (9/10/2017).

JATENGONLINE, SOLO – Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Solo, Senin (9/10/2017), memberikan pembekalan kepada sebanyak 207 calon wisudawan, bertempat di ruang seminar lantai 3.

“Kemana kalian, setelah wisuda? akan melangkah ke dunia kerja?, atau kah melanjutkan ke jenjang S2?,” demikian pertanyaan yang di lontarkan Dr. Sutoyo MPd, Wakil Rektor, mengawali materinya dalam acara pelatihan pengembangan kepribadian bagi calon wisudawan tahun 2017.

Kalaupun ada yang ingin melanjutkan ke jenjang S2, Unisri memberikan kemudahan fasilitas dan prioritas, lanjut Sutoyo.

Namun bagi yang masuk ke dunia kerja, Sutoyo memotivasi dengan memberikan contoh tentang Motivasi Kerja Orang Jepang untuk maju yakni Kerja keras, karena di dunia tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada hanya kuat kemauan untuk bekerja keras.

“Kobarkan semangat pantang menyerah, yakni menyerahlah ketika peluang sudah benar-benar habis, tetapi jika masih ada suatu harapan raihlah dengan kerja keras dan buang segala yg menghadang.” paparnya.

Kemudian Menjaga Kehormatan, kalau dinegara Jepang ada istilah Harakiri atau bunuh diri jika gagal atau malu. “Namun, kita tidak menganjurkan untuk bunuh diri jika gagal, tapi ambillah dari sisi positifnya,” lanjut Sutoyo.

“Budaya membaca menjadi budaya di Jepang. Dimana-mana orang ada kegiatan membaca, maka masyarakat jepang maju. Maka banyak-banyaklah membaca buku, artikel,” imbuhnya. Dengan membaca ilmu akan bertambah dan mengetahui informasi terbaru, ini akan mendekatkan kepada tujuan yang ingin dicapai, dibandingkan dengan orang yang tak rajin membaca.

Yang terakhir adalah Menjaga Tradisi, lanjut Sutoyo, bahwa masyarakat Jepang tidak meninggalkan tradisi walau perkembangan dan kemajuan teknologi dan ekonomi sudah sangat pesat. “Kobarkan semangat anda. Sukses adalah hak setiap orang yang mau menerima dan berusaha,”

Diakhir sesinya Sutoyo mengingatkan kepada calon wisudawan mengenai kunci sukses dalam menjalani kehidupan. “Kalian harus serius dan bersungguh-sungguh apabila nanti meniti karier, dan senantiasalah berbangga hati sebagai lulusan Unisri Solo,” pesannya. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress