Inilah 7 Keajaiban Dunia

Kuliner

JATENGONLINE, SOLO – Angka tujuh oleh sebagian orang dianggap identik dengan keberuntungan. Mereka beranggapan ada tujuh hari dalam seminggu, tujuh warna pada pelangi, tujuh not musik, tujuh samudera dan tujuh benua.

Ternyata ada juga 7 keajaiban dunia yang belum pernah anda dengar, selain obyek pariwisata dan tempat-tempat bersejarah, berikut ini adalah beberapa tempat kuliner dengan tingkat kunjungan yang terbilang tinggi, namun jarang diketahui wisatawan, penasaran? Apa saja?

1. Gudeg Margoyudan
Alamat: JL. Monginsidi 41-43, RT 02 RW 01, Banjarsari, Margoyudan,
Solo, Jawa Tengah

Kenapa dinamakan Gudeg Margoyudan? karena gudeg ini berada di jalan margoyudan. Bagi anda yang suka dengan kuliner malam dan suka lapar ditengah malam hari, tidak ada salahnya mengunjungi dan menikmati satu porsi gudeg yang terkenal dengan cekernya itu. Gudeg ceker ini merupakan salah satu makanan yang diminati masyarakat dari dalam kota maupun luar kota yang telah berkunjung di kota Solo.
Bagi pelanggan yang tidak menyukai ceker, disini juga menyediakan aneka lauk seperti suiran daging ayam, jeroan ayam dan daging ayam. Gudeg ini bisa di jumpai pada dini hari, mulai pukul 01.30 sampai
04.00 WIB setiap harinya.

Jika pelanggan tidak ingin kehabisan, disarankan datangnya sebelum warung dibuka. Meskipun datang lebih awal sebelum warung di buka, jangan heran jika nanti ada pula pengunjung lain yang datang lebih
awal. Jadi, pengunjung masih tetap harus mengantri.

 

2. Cekerdazz
Alamat : Jl. Halilintar, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126
Setiap hari buka mulai jam : 09:00 – 00:00 WIB
Phone: 085 600 603 090

Cekerdazz adalah tempat makan, yang dapat dijadikan referensi alternatif pilihan makan serba pedas. Selain menawarkan spesial menu yang membuat ketagihan, tempat yang sangat cozy, juga memberikan kenyamanan dalam menikmati sensasi kepedasannya.

Cekerdazz Halilintar berbeda dari ceker pedas biasanya, selain lagi ngetren, karena disajikan dalam lima level kepedasan. Sajian satu porsi, ada 5 buah ceker ayam, yang tingkat kepedasannya sesuai
permintaan konsumen.

Ramuan rempah begitu merangsek di antara rongga mulut, dengan aroma wangi daun kemangi yang terasa menyeruak. Tulang ceker yang empuk makin memudahkan untuk digigit.

Ceker yang empuk dan cenderung lunak yang tersaji diperoleh dengan cara diungkep dan dimasukkan bumbu-bumbu rempah selama dua jam dengan api kecil.

Setelah itu ditiriskan, namun kuah untuk ungkep tidak dibuang, melainkan dimasak kembali untuk dijadikan bumbu tambahan penentu level kepedasan sesuai pesanan.

 

3. Sate Kambing Loji Wetan Bu Hj Bejo
Alamat: Jl. Perunggu 10, Lojiwetan Solo, Jawa Tengah
Buka mulai pukul. 07.00 – 16.00 WIB

Solo memang surga bagi para pecinta kuliner olahan daging kambing. warung Ibu Hj. Bejo selalu ramai dikunjungi para pecinta kuliner yang ingin mencicipi sajian olahan daging kambing. Tak hanya masyarakat Solo dan sekitarnya. Banyak tamu luar daerah pun menyempatkan datang kesini bila berkunjung ke Solo.

Rumah makan sate ibu Hj. Bejo Solo memang terkenal sejak 45 tahun lalu. menu andalan di sini adalah sate buntel kambing yang memiliki tekstur yang empuk dan beraroma khas nan gurih. Selain sate buntel, ibu bejo juga menyediakan sate bakar biasa, tengkleng, tongseng dan gule.

 

4. Tengkleng Klewer Bu Edi
Alamat: samping gapura Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah,
Buka Mulai jam 14.00 WIB

Tengkleng merupakan hidangan khas Solo menyerupai gulai namun memiliki kuah lebih encer dan berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Sebelum membuka lapak di antara Masjid Agung dan Pasar Klewer, usaha tengkleng yang dimulai sekitar 1971 oleh nenek Bu Edi ini dimulai dari keliling Pasar Klewer

Tengkleng ini disajikan dengan menggunakan pincuk atau wadah yang dibuat dari daun pisang dan cara menikmatinya dengan diseruput, yang tentunya membawa kenikmatan tersendiri. Pengunjung juga bisa memilih bagian-bagian tertentu, seperti tulang iga, kaki, mata, kuping, lidah, pipi, sumsum, otak, dan lain-lain.

 

5. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Alamat : Jl. Teuku Umar (Keprabon), Surakarta, Jawa Tengah
Buka mulai jam 16.00 – 01.00 WIB

Nasi Liwet merupakan nasi gurih yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan sayur labu siam diolah pedas, suwiran daging ayam, dan areh (sejenis bubur gurih dari kelapa) kemudian disajikan diatas
daun pisang yang dilipat (dalam istilah jawa dipincuk).

Di Solo nasi liwet banyak dijajakan pagi dan malam hari di setiap sudut kota Solo. Salah satu warung nasi liwet dapat ditemui di daerah Keprabon, di daerah ini banyak warung-warung nasi liwet yang terkenal
dan enak, dari sekian deretan warung konon katanya keturunan dari satu generasi jadi para pedagang nasi liwet ini bersaudara. Salah satunya adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang sudah berdiri sejak tahun 1950.

Suasana Kejawen dan rasa gurih nasi liwet menjadi lebih sempurna dengan iringan lagu pengamen ibu-ibu.

 

6. Selat Viens Srambatan
Alamat : Ruko Srambatan, Jl. Hasanuddin No.99, Solo
Buka setiap hari
07.30 – 17.00 (Minggu – Jumat)
07.30 – 15.00 (Sabtu)

Warga Kota Solo tentu saja sudah tahu bagaimana reputasi dari warung makan yang satu ini. Warung makan ini menyediakan menu utama yakni selat segar khas Solo.

Warung Selat Vien’s Solo berada tak jauh dari Stasiun Balapan maupun Terminal Tirtonadi Solo. Jadi pas banget buat kamu yang kebetulan sedang melancong ke Kota Solo.

 

7. Bakso Nogiri
(bakso nogiri ada di depan TBS)
Jalan Ir. Sutami, Pucangsawit, Jebres, Surakarta
Setiap Hari Buka dari jam 09.00 – 20.00 WIB

Mungkin Anda sering juga menikmati bakso-bakso dari daerah lain, tetapi bakso sentuhan orang Wonogiri memiliki rasa khas yang tidak dimiliki oleh penggiat bakso dari luar Wonogiri. Karena kekhasan rasa itulah, banyak pengusaha bakso yang sukses menyebar di berbagai kota. Jakarta, Bandung, Medan, Lampung, Bali, Semarang, dan kota-kota besar lainnya adalah kota dimana para pengusaha Bakso asal Wonogiri menjajakan kreasinya.

Brand “Nogiri” sering banyak digunakan untuk menandakan bahwa Bakso itu diracik oleh putra Wonogiri. Oleh karena itu, kalau Anda melewati kios-kios bakso di pinggir jalan dengan aksesori tersebut cobalah mampir, nikmati agar bisa merasakan ke-khas-an dan perbedaannya.

Lalu, apa sih yang bikin kota Solo begitu spesial? Tak lain adalah karena beragam kuliner dengan rasanya yang mak nyus plus harganya pun yang murah meriah.

Penasaran kan? Langsung aja agendakan liburanmu atau kunjunganmu ke Kota Solo untuk merasakan sensasi kulinernya ! (yan)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress