SMPN 8 Solo Selenggarakan LDK

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Sutarmo,S.Pd.M.Pd, saat memberikan pengarahan

JATENGONLINE, SOLO – Sehubungan dengan adanya regenerasi penerus pengurus OSIS SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang diadakan selama tiga hari di aula dan di halaman sekolah, Senin – Rabu ( 9 – 11/ 10 / 2017 pukul 13.00 – 16.30 WIB.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Sutarmo,S.Pd.M.Pd dalam pembukaan menyampaikan, bahwa tujuan LDK adalah mengenalkan OSIS kepada pengurus OSIS yang baru, mengembangkan kemampuan PBB (Peraturan Baris Berbaris) TUB (Tata Upacara Bendera) kepada pengurus yang baru.

“Bahwa OSIS bukan hanya sebagai boneka, tetapi harus mampu menjadi tauladan bagi OSIS yang lain. Sesuai visi dan misi yaitu menciptakan sekolah berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa. Menciptakan pengurus OSIS yang berdedikasi tinggi.” papar kepala sekolah.

Dalam pelatihan ini, Sutarmo, S.Pd.M.Pd. mengharapkan agar pengurus OSIS mampu merencanakan program yang akan dilaksanakan OSIS satu tahun ke depan sebagai bentuk kerjasama menuju sukses. Pengurus OSIS harus mampu menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan teman-temannya.

Selain Kepala Sekolah yang menyampaikan materi kepemimpinan pada LDK tersebut Waka Bidang Kesiswaan dan Organisasi, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. menyampaikan materi kesiswaan / Dasar-Dasar Kepemimpinan.

Pengurus OSIS harus menjadi tauladan bagi anggota OSIS yang lain. Karena sebagai tauladan, pengurus OSIS harus bisa mengimplementasikan tata tertib ke dalam diri pengurus OSIS masing-masing. Selain itu anggota yang lain untuk menerapkan 5 S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, Santun).

Seputar kegiatan OSIS yang disampaikan oleh Pujianto, S.Pd. sebagai pembina umum OSIS tentang Pendidikan Baris Berbaris ( PBB ) dan Tata Upacara Bendera ( TUB ). Pengurus OSIS harus siap setiap saat apabila diperlukan sebagai petugas upacara. Itu artinya harus menyiapkan fisik sebaik-baiknya dan melakukan latihan secara rutin.

Bidang kegiatan OSIS SMP Negeri 8 Surakarta antara lain : (1) Kegiatan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, (2) Kegiatan pembinaan kehidupan berbangsa dan bernegara, (3) Kegiatan pembinaan pendidikan pendahuluan bela negara (4) Kegiatan pembinaan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan.(5) Kegiatan pembinaan kesegaran jasmani-rohani dan daya kreasi. (6) Kegiatan pengembangan presepsi, apresiasi dan kreasi seni. (7) Kegiatan pembinaan kepribadian dan budi pekerti luhur. (8) Kegiatan keterampilan dan kewirausahaan.

Yang diharapkan dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK ) yaitu terbinanya kualitas keimanan, jiwa patriotisme. Siswa mempunyai tekad, sikap dan tindakan yang teratur, mampu berorganisasi, kesadaran hidup dilingkungan rumah, memiliki wawasan keterampilan di bidang seni, memiliki kepribadian yang mantap dan memilili keterampilan dalam menerapkan sesuatu yang lebih berguna.

Peserta yang mengikuti LDK sejumlah 43 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Acara penutupan pada hari Rabu, 11 Oktober 2017 jam 16.30 WIB dan ditutup oleh Ketua Panitia sekaligus juga Waka Kesiswaan dan Organisasi Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. (ian)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme wordpress