Pakar Kuliner dan F&B Archipelago International Bersaing Ketat dalam Kompetisi Kuliner Tahunan

JATENGONLINE, JAKARTA – Archipelago International, perusahaan manajemen hotel dengan perkembangan tercepat di Indonesia, dengan bangga mengumumkan kembalinya Festival Kuliner tahunan, yang akan diadakan di tiga area yang berbeda di tiga lokasi hotel yang berbeda.

Sebagai salah satu event terbesar di Archipelago International, Festival Kuliner kembali menghadirkan para chef dan bartender yang bertalenta dan juga pengagas F&B yang berasal dari lebih dari 135 hotel dibawah manajemen Archipelago International. Kompetisi tahunan akan menghadirkan talenta dan bakat para partisipan kedalam pertarungan memperebutkan gelar terbaik di dalam tiga kategori yang berbeda, termasuk Kompetisi Memasak ‘Black Box’, Kreasi Koktail & Moktail, dan Kompetisi Konsep Food Truck.

Kompetisi Memasak ‘Black Box’ akan memberikan setiap kontestan sebuah kotak yang berisi bahan-bahan yang sama. Tantangannya adalah untuk menghasilkan masakan yang lezat dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dalam kotak saja. Ketika bahan tersebut diberikan, setiap kontestan diberikan batas waktu untuk menciptakan menu mereka dan mempersiapkan masakannya.

Kreasi Koktail & Moktail adalah sarana spesial bagi para bartender untuk menguji kemampuan serta memperlihatkan keahlian dan bakat mereka dalam membuat ramuan koktail dan moktail. Kontestan akan menyajikan koktail & moktail hasil kreasi mereka kepada para juri.

Kompetisi Konsep ‘Food Truck’ adalah tantangan terbaru yang secara khusus dibuat untuk acara tahun ini. Terinspirasi dari perkembangan tren terbaru di dunia kuliner urban Indonesia, setiap kontestan akan menunjukkan talenta mereka dalam membuat kudapan atau makanan ala Food Truck terbaik dan paling kreatif yang dapat disajikan. Mereka juga harus menunjukkan bakat mereka dalam mengolah makanan selama kompetisi berlangsung.

Para juri yang ikut serta dalam kompetisi tahun ini termasuk di dalamnya level manajemen tertinggi di Archipelago International termasuk Chairman Charles Brookfield, CEO dan President John M. Flood, Vice President of Sales & Marketing Tenaiya Brookfield, Director of Operations Winston Hanes dan beberapa tamu spesial termasuk Made Kona, Stefu Santoso, Adzan Tri Budiman, bersama dengan pakar gastronomi ternama, juri MasterChef dan Top Chef Indonesia Vindex Tengker.

“Kami sangat tidak sabar untuk menyambut acara terbesar tahun ini dengan menampilkan bakat dan kreativitas dari para chef dan bartender kami. Setiap tahun, kualitas dan kreativitas makanan dan minuman yang ditampilkan tidak pernah gagal untuk membuat saya kagum. Berbagai pilihan menu yang ada di seluruh hotel kami lezat, tapi melalui kompetisi ini, kami memberi mereka kesempatan untuk membuat suatu kejutan dan menunjukkan talenta mereka, hal tersebut adalah salah satu kebanggaan kami,” ujar Winston Hanes, Director of Operational Archipelago Internasional.

Para partisipan yang mewakili seluruh brand yang berada di bawah manajemen Archipelago International berhak untuk berpartisipasi dalam kompetisi yang akan diadakan di tiga lokasi yang berbeda. Kompetisi pertama akan diadakan di Aston Kuta Hotel and Residence pada tanggal 21 Oktober 2017 untuk hotel yang berada di kawasan Indonesia Timur, diikuti dengan Grand Aston Yogyakarta pada tanggal 4 November 2017 untuk hotel yang berada di kawasan Indonesia Tengah, dan penutup kompetisi diadakan di Aston Imperial Bekasi Hotel & Conference Center pada tanggal 14 November 2017 untuk hotel yang berada di kawasan Indonesia Barat.

Para pecinta kuliner dan sosial media dapat memilih pemenang favorit mereka dengan mengikuti cerita di Instagram atau menggunakan tagar #CulinaryFestive2017 dan #ArchipelagoInternational. Orang pertama yang berhasil menebak pemenang akan memenangkan uang tunai sejumlah Rp. 5.000.000. Pemenang akan diumumkan pada akhir bulan Oktober.

Para Juri
Charles Brookfield
Sebagai orang yang selalu menginspirasi dan mendukung Archipelago International, Charles memiliki pengalaman selama lebih dari 30 tahun di dunia perhotelan. Beliau membuka resort di Cancun, Cabo San Lucas, Puerto Vallarta, Palm Springs, Park City, San Francisco, Hawaii, Guam, Jakarta dan Bali. Charles memegang peranan penting dalam membangun jaringan hotel terbesar di Hawaii dan menjadi pelopor di dunia perhotelan.

John M. Flood
Berasal dari negara Irlandia, John bekerja selama lebih dari 30 tahun di dalam bisnis hotel dan restoran di Dublin, London, Paris dan Copenhagen. John mengembangkan karirnya di dunia kuliner bersama sejumlah hotel ternama di London termasuk The Dorchester dan The Connaught, tempat impian para chef di seluruh dunia.

Tenaiya Brookfield
Tenaiya adalah orang yang memegang peranan penting untuk perkembangan Archipelago Internasional dalam hal penjualan dan pemasaran. Dia terkenal dengan talentanya sebagai orang yang sangat peka dengan rasa, dan juga semangat untuk mengembangkan makanan dan kuliner yang kreatif yang sejalan dengan pemahaman perusahaan untuk menghasilkan outlet yang menguntungkan. Dia adalah salah satu dari pemrakarsa untuk acara ini.

Winston Hanes
Winston Hanes memulai karirnya di dunia kuliner dan telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun di berbagai jaringan hotel internasional di Boston, Milan dan Hawaii. Sejak bergabung bersama Archipelago International pada tahun 1998 dia telah bekerja di Jakarta, Bali dan Cebu (Philippines) sebagai Executive Chef, Corporate Chef ico F&B, General Manager, dan Regional General Manager.

Vindex Tengker
Vindex Tengker menjadi terkenal berkat penampilannya di sejumlah program TV, salah satunya adalah sebagai juri di MasterChef dan Top Chef Indonesia. Lahir di Manado, Sulawesi Utara, Vindex mulai mencintai dunia kuliner dengan mempelajari bahan-bahan pokok untuk masakan khas Manado. Hal tersebut kemudian membawanya ke berbagai kota di penjuru dunia. Dia sekarang adalah Vice President of the In-flight Services untuk salah satu perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia.

Made Kona
Dikenal sebagai pakar pastry dan memenangkan beberapa penghargaan bergengsi di dunia kuliner termasuk Bali Salon Culinaire, Singapore Salon Culinaire dan Jakarta Salon Culinaire. Memulai karirnya sejak tahun 1986, Made Kona bekerja di beberapa hotel di Jakarta, Bali and Singapore. Saat ini, dia bekerja sebagai executive pastry chef di salah satu hotel bintang 5 jaringan internasional di Jakarta.

Stefu Santoso
Stefu Santoso memulai karirnya dari awal. Dia mulai memasuki dunia kuliner di hotel bintang 5 di Jakarta namun dia menghentikan karirnya dalam jalur yang formal untuk membantu saudaranya mengembangkan bisnis kuliner. Setelah beberapa saat, dia memulai lagi karirnya di hotel bintang lima lainnya dan sekarang dia bekerja sebagai executive chef untuk APREZ Catering dan AMUZ Gourmet Restaurant. Stefu juga merupakan Presiden dari Asosiasi Kuliner Profesional Indonesia.

Adzan Tri Budiman
Sebelumnya terkenal sebagai salah satu chef ternama di jaringan hotel internasional di Jogjakarta selama sepuluh tahun. Dia lalu berganti haluan dan menjadi konsultan untuk sejumlah restoran. Sejak saat itu, Adzan telah menciptakan dan membuka lebih dari sepuluh restoran termasuk miliknya sendiri. Pada tahun 2014, bersama dengan saudaranya, dia bergabung dengan produksi film berjudul ‘Tabula Rasa’ sebagai konsultan kuliner. (ian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *