Ragam Kegiatan SMPN 8 Solo di Bulan Bahasa

JATENGONLINE, SOLO – Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Sutarmo, S.Pd.M.Pd. dengan mengambil tema yang berjudul “Menyiapkan Generasi Cerdas dalam Berbahasa Indonesia memperingati puncak bulan bahasa, Sabtu (21/10/2017), sehubungan dengan bulan bahasa saat ini OSIS mengadakan kegiatan untuk memperingati bulan bahasa dengan beberapa macam perlombaan yang terkait dengan bahasa dan sastra.

“Peringatan ini bertujuan memupuk kecintaan dan kebanggaan terhadap Bahasa Indonesia, mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki siswa di bidang bahasa, menumbuh kembangkan rasa percaya diri, jujur, disiplin, sportivitas dan tanggung jawab pada diri siswa,  memupuk serta menjalin persahabatan antar siswa untuk menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi,” papar Sutarmo.

Lomba yang diselenggarakan antara lain, lomba menulis berita secara kolosal, membaca puisi, drama, mendongeng, majalah dinding (mading).

Selain untuk memperingati hari Sumpah Pemuda (28/10) juga untuk meningkatkan bakat siswa dalam bidang bahasa dan sastra. Oleh sebab itu, lomba yang diadakan berhubungan dengan bahasa dan sastra. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah mengenai Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Peserta kegiatan ini terdiri dari semua siswa SMP Negeri 8 Surakarta meliputi kelas VII, VIII dan IX. Pelaksanaan lomba: Menulis Berita Secara Kolosal dengan tema “Menulis berita terkini dalam satu minggu terakhir yang terjadi di lingkungan rumah masing- masing.Tempat lomba di halaman sekolah jam 06.30 – 08.30, dengan peserta kelas VII, VIII dan IX. Selama menulis berita peserta lomba berjajar seperti dalam upacara bendera dan menulisnya dengan posisi duduk / lesehan.

Membaca Puisi dengan tema Perjuangan, ditentukan wajib dan pilihan yang sudah disediakan oleh panitia. Puisi wajib dengan judul “Diponegoro” oleh Chairil Anwar. Puisi pilihan yang disediakan antara lain berjudul “Malu Menjadi Manusia” oleh Sylvia Pradhika Kurnialita dan “Ibu” oleh D. Zawawi Imron. Tempat di halaman sekolah jam 09.00 – selesai dengan peserta perwakilan dari masing-masing kelas. Lomba Drama, tempat di Aula jam 09.00 – selesai peserta khusus kelas IX. Penampilan lucu-lucu karena ada cerita Jaka Tarub namun diganti dengan judul Perawan Tarub. Cerita yang lain yaitu “Keluarga Bahagia”, “Pengaruh Teknologi”.

Mendongeng dengan tema bebas, satu orang sebagai pendongeng, yang lain memperagakan sesuai tokoh yang ada dalam dongeng. Penampilan peserta mendongeng sangat beraneka ragam. Sebagai contohnya ; Timun Mas, Ondhe-Ondhe Lumut ( cerita asli Andhe-Andhe Lumut ), Putri Cinderella ( Versi Jawa ), Roro Jonggrang, Hasson and Gratle. Tempat di ruang Aula Kecil jam 09.00 – selesai , peserta kelas VII dan VIII.

Majalah Dinding dengan tema bebas, tempat kelas masing- masing, waktu terhitung mulai disosialisasikan lomba bulan bahasa, pelaksanaan penilaian tanggal 21 Oktober 2017, peserta kelas VII, VIII dan IX. Mading ini menampilkan banyak sekali tulisan-tulisan yang bentuknya unik dan menarik.

Di sela-sela lomba penulisan berita diadakan olah raga Volly yang dilakukan oleh sebagian  guru yang hobinya volly. Karena olah raga ini sudah disepakati dilakukan pada hari Sabtu, sebagai program sekolah Sabtu Sehat. Rangkaian bulan bahasa diakhiri pada jam 12.30 WIB, sesuai dengan waktu kegiatan belajar mengajar ( KBM ) seperti biasanya.

“Semoga dengan adanya kegiatan bulan bahasa ini bisa menumbuhkan lagi minat baca dan kecintaan siswa terhadap bahasa dan sastra Indonesia,” pungkas Sri Suprapti, diamini Ngateman, S.Pd, Sie Publikasi SMP N 8 Surakarta, (ian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *