Job Fair Super Dahsyat Target Serap Minimal 350 Pelamar Kerja

JATENGONLINE, SOLO – Job Fair atau Bursa Kerja biasanya mempertemukan pihak perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan pihak pencari kerja. Namun Jobfair Super Dahsyat 2017 hasil kerjasama Jess Planner dengan Politeknik Pratama Mulia berbeda.

Diadakan selama dua hari, Kamis-Jumat, 2-3 November 2017 di Atrium Hartono Mall Solo Baru Sukoharjo, Job Fair juga diisi dengan pameran industri kreatif dan bisnis yang menggandeng beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Saya bosan kerja jadi karyawan dan ingin wiraswasta lalu mendirikan Event Organizer Jess Planner. Maka saya bikin Job Fair yang agak beda untuk memberi pandangan para pencari kerja menjadi wiraswasta. Jadi tidak cuma ada perusahaan-perusahaan tapi juga UMKM. Pengunjung bisa bertanya bagaimana menjadi frenchise atau reseller,” papar Ryan Valentino Arya Dewa, founder Jess Planner saat ditemui di sela acara (2/11).

Secara total 50 stand berpartisipasi dalam acara ini, terdiri dari 35 perusahaan dan 15 UMKM. Antara lain PT Konimex, TA Media Group, PT Cahaya Sakti Motor, Ros-in Group, Insan Mandiri, PT SMU, Indosat, BFI Finance, dan lainnya. Pihaknya memastikan perusahaan benar-benar membutuhkan karyawan sehingga mampu menyerap sebagian besar pelamar kerja.

Ryan mengungkap, “Minimal satu perusahaan membutuhkan 7 orang karyawan di posisi apa saja. Itu berarti 7 orang dikali 50, paling tidak 350 orang bisa diserap perusahaan. Saat ini lowongan dibuka untuk lulusan SMA dan S1. Sekitar 70 persen perusahaan butuh pekerja lapangan seperti marketing atau account officer,”

Namun demikian, Ryan mengamati para pelamar kerja masih terpaku pola pemikiran lama dilihat dari posisi back officer yang menjadi idaman. Padahal menurutnya, saat ini telah terjadi pergeseran di dunia kerja sebab bidang jasa lebih banyak dibutuhkan masyarakat.

“Makanya saya menggandeng UMKM dalam Job Fair ini untuk membuka mata para pemuda kita. Apalagi Presiden Jokowi menggencarkan wiraswasta. Dan saya yakin masyarakat bisa!” kata Ryan.

Pihak penyelenggara menargetkan 5000 pengunjung dalam dua hari. Mengingat lokasi pameran di pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung. Juga animo masyarakat di sosial media. Terlebih, acara juga dimeriahkan games dan hiburan agar para pencari kerja lebih semangat. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress