Bappelbangda Sukoharjo Lakukan Pembinaan 10 Kluster UMKM

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelbangda) Kabupaten Sukoharjo, bertempat di RM Soto Pak Harto, Rabu dan Kamis (8-9/11/2017) menyelenggarakan workshop “Penguatan Kapasitas Kelembagaan Klaster ” .

Kepala Bidang Ekonomi Bappelbangda Sukoharjo, Dra. Tri Murwani, disela-sela workshop menjelaskan kegiatan diikuti 30 peserta dari 10 Klaster Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Diantaranya klaster pertanian organik, mebel rotan, mebel kayu, makanan olahan, jamu, jamur, gitar, lurik dan batik. Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengurus dan anggota Klaster pada bidang SDM, inovasi produk, peningkatan omzet, dan terbangunnya jejaring antar UMKM.

“Setelah mengikuti workshop diharapkan kelembagaan klaster semakin kuat, memiliki perencanaan yang matang, serta berkomitmen melaksanakan dan mentaati AD ART yang telah disusun ” paparnya.

Salah satu fasilitator workshop Direktur Amalia Consulting yang juga staf pengajar prodi akuntansi dan MM Unisri, Drs. Suharno, MM, MIPR, CA, Ak, menyampaikan materi Strategi Pemasaran UMKM di Era Digital, berharap agar UMKM selalu tanggap terhadap perubahan gaya hidup dan perilaku konsumen.

“Di era digital UMKM yang kreatif dan inovatif, serta yang selalu beradaptasi dengan lingkungan pertumbuhan dan perkembangan usahanya bisa lebih cepat, mengalahkan perusahaan besar. Namun yang tidak kreatif dan tidak mengikuti perkembangan akan cepat tergusur dan hilang dari peredaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Suharno, meminta UMKM bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sejenisnya untuk memasarkan usaha dan produknya. Karena melalui medsos produk bisa dipasarkan kepenjuru dunia dengan biaya murah dan efektif (arn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress