Kunjungan Mahasiswa Prodi Administrasi Negara Unisri Ke Pemkab Klaten

JATENGONLINE, KLATEN – Mahasiswa program studi (prodi) Administrasi Negara
Unisri Solo melakukan kunjungan studi ke Pemkab Klaten, Kamis (30/11/2017). Kunjungan itu merupakan rangkaian pelaksanaan perkuliahan mata kuliah manajemen pelayanan publik dan mata kuliah isu kebijakan otonomi daerah.

“Studi lapangan ini mewadahi para mahasiswa dalam mengasah keterampilan menerapkan tools dan teori yang didapat dari perkuliahan,” kata Dr Suwardi MSi, yang mendampingi para mahasiswa bersama dua dosen lainnya, Johan Bhimo Sukoco M.Si dan Wulan Kinasih MAP.

Thema studi lapangan ke Klaten adalah tentang survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang dihubungkan dengan implementasi kebijakan desentralisasi. Sebagaimana dipahami bersama, era otonomi daerah telah menempatkan pemerintah daerah sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan. Harapan besarnya agar pelayanan menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Pemerintah daerah kabupaten/kota dianggab sebagai entitas negara yang berinteraksi langsung dengan rakyat.

“Kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 38 Tahun 2012 menempatkan IKM sebagai salah satu komponen mengukur kinerja unit pelayanan publik dengan skor maksimal 25,” kata dia.

Terlepas dari kewajiban, pengukuran IKM merupakan bagian penting dari siklus proses pelayanan. Melalui pengukuran IKM yang baik lembaga pelayanan memperoleh feedback atas respon pelanggan. Berbagai pembenahan dapat dilakukan sehingga pelayanan sesuai harapan masyarakat.

Survey IKM dilakukan di RSUD Klaten yang mulai beroperasi di 2015. Sebelumnya layanan rumah sakit di Klaten dilayani RSU Pusat dan RSU milik swasta. “Sebagai RSU milik pemerintah daerah, RSUD Klaten diharapkan memiliki tata kelola yang baik sehinga dapat memberi layanan maksimal kepada masyarakat Klaten pada khususnya,” jelasnya.

Kualitas pelayanan rumah sakit di Klaten menjadi salah satu bentuk implementasi dan tujuan dari desentralisasi bidang kesehatan. “Hasil survey IKM yang telah dilaksanakan diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan menyusun laporan kinerja RSUD Klaten,” jelasnya. (ina)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress