FKUB Tingkat Kecamatan Siap Dibentuk

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi dan Kasdim Kodim 0726/ Sukoharjo, Mayor Inf Nurul Muthahar menjadi narasumber dalam dialog lintas agama yang digelar FKUB Sukoharjo.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mendorong keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tidak hanya berdiri di tingkat kabupaten saja, namun juga dibentuk forum sejenis di tingkat Kecamatan.

Agar tujuan kerukunan umat beragama bisa terasa hingga di daerah, dimulai dari upaya tindakan preventif.

“Kerukunan antar umat beragama adalah bagaimana menciptakan persatuan antar agama agar tidak terjadi saling merendahkan dan mengangap agama yang dianutnya paling baik,” kata Kapolres dihadapan tokoh lintas agama Kabupaten Sukoharjo saat gelar pertemuan, Jum’at (22/12/2017).

Nantinya, dengan program pembentukan forum pertemuan antar pimpinan umat beragama tingkat kecamatan berupa, Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB), setidaknya dapat menghindari terbentuknya fanatisme exstrim yang membahayakan keamanan dan ketertiban umum.

Selain itu, dengan pembentukan PKUB tingkat kecamatan, bila ada gejolak dapat diatasi lebih dini ataupun memberikan informasi secara cepat ke tingkat kabupaten.

“Apapun bentuk permasalahan yang akan muncul di tingkat kecamatan entah itu menyimpang, garis keras, exstrimis atau yang lainya, akan lebih mudah terdeteksi bila PKUB sudah terbentuk dan aktif melakukan kegiatan,”tandas Kapolres.

Kapolres juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mentolerir aksi atau tindakan apapun dari siapapun yang mengganggu ibadah agama apapun. Harus saling menghormati dan menjaga keberagaman dalam persatuan.

Sementara itu, Kasdim Kodim 0726/ Sukoharjo, Mayor Inf Nurul Muthahar, menanggapi usulan dari peserta untuk digelar kemah kebangsaan pemuda lintas agama di Sukoharjo.

“Kami siap menindaklanjuti usulan kemah kebangsaan pemuda lintas agama di Sukoharjo. Nanti kita konsultasikan pada Bupati selaku pemilik wilayah. Tapi kami siap menindaklanjutinya karena manfaatnya sangat besar, para pemuda bisa berdialog dan praktek langsung mengenai toleransi,” tandas Mayor Inf Nurul Muthahar.

Pertemuan yang membahas Menjaga Kerukunan dan Keharmonisan Antar Umat Beragama Dalam Bingkai Kebhinekaan NKRI ini dibuka oleh sekretaris FKUB dr. H. Harun Al Rosyid, mewakili ketua FKUB Drs Suparno DZ yang ibadah umroh, dan dihadiri seluruh perwakilan agama dan organisasi agama di Sukoharjo. (jia)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress