Mohamad Toha Nonton Kethoprak di Sela Kesibukan

Moh Toha bersama istri dan anak, asyik menikmati sajian kethoprak KSMS, Taman Balekambang Sabtu Malam (13/1/2018)

JATENGONLINE, SOLO – Hujan mengguyur kota Solo, dari sore hingga malam hari, namun tidak menyurutkan minat Anggota DPR RI Komisi III, Mohamad Toha, Sabtu Malam (13/1/2018), menikmati malam Minggu bersama keluarga menyaksikan pentas Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), di Gedung Kesenian Taman Balekambang.

“Malam Minggu menyaksikan Ketoprak bersama keluarga terasa nikmat. Mengingatkan masa kecil saya sering menonton ketoprak Tobong yang main keliling dari desa ke desa,” kenang Toha.

Lebih lanjut, Mohamad Toha, memaparkan alasan mengajak keluarga menyaksikan pentas ketoprak, agar mereka dapat menyaksikan dan mencintai seni tradisi secara langsung. Tidak hanya melihat dari media sosial saja, seperti you tube dan face book.

Moh Toha saat berfoto bareng sutradara KSMS, Sabtu Malam (13/1/2018)

Dalam kesempatan tersebut, Mohamad Toha, berharap ketoprak bisa kembali digemari masyarakat, khususnya generasi milenial di era global. Pemerintah daerah dan pusat, para seniman dan masyarakat perlu bergandengan untuk mencari terobosan dan solusi bersama.

“Misalnya mendatangkan tokoh atau bintang tamu disetiap pementasan. Kemudian tema lakon bisa lebih disesuaikan dengan kondisi kekinian. Di samping itu sarana dan prasarana pentas dan gedung dibuat lebih representatif. Agar penonton semakin betah dan nyaman dalam menikmati sajian pentas,” ungkapnya.

Pentas yang mengambil lakon Rondo Kuning Edan itu, disutradarai Meteor Slank, mengkisahkan kerakusan dan kebengisan Galiga Jaya, karena gila harta dan pangkat, tega berbuat keji dan kejam terhadap anak dan istrinya (arn)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress