Bupati Cek Langsung Sumber Bau PT RUM

Bupati Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, DPRD Sukoharjo dan tim independen UMS meninjau pabrik PT RUM didampingi Presdir PT RUM Pramono.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya berkesempatan meninjau langsung pabrik PT RUM, Kamis (18/1/2018). Bahkan Bupati yang didampingi Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Ketua DPRD Nurjayanto, Komisi 3 DPRD Sukoharjo, tim peneliti independen UMS dan sejumlah elemen masyarakat, melihat langsung proses produksi rayon dan lokasi yang diduga sebagai sumber bau.

“Saya ingin melihat langsung isi pabrik PT RUM. Jadi saya bisa menjawab pada warga yang bertanya bagaimana isi pabtik dan progres masalah ini,” ungkap Bupati Wardoyo.

Kunjungan Bupati Sukoharjo dilakukan secara spontan setelah kegiatan hearing atau dengar pendapat masalah bau limbah PT RUM di DPRD Sukoharjo. Sedianya hearing tersebut menindaklanjuti surat permintaan hearing oleh warga terdampak bau PT RUM yang difasilitasi oleh PD Muhammadiyah Sukoharjo.

“Hari ini kita menindaklanjuti juga PT RUM terkait progres penanganan bau limbah. Ini menjadi bahan saat demo warga (Jumat,19/1/2018). Kita melihat langsung progres dilapangan. Hasil progres akan disampaikan ahlinya.” tandas Nurjayanto, ketua DPRD Sukoharjo usai hearing yang dilanjutkan sidak langsung ke pabrik PT RUM.

Presdir PT RUM Pramono, yang juga mendampingi sidak Bupati Sukoharjo, berharap masalah yang ada di PT RUM bisa segera selesai. Pihaknya membuka diri bagi siapa saja yang ikut melihat prises produksi maupun mengawasi progres penanganan limbah yang sudah dlakukan PT RUM.

“Penanganan limbah saat ini sudah ada progres sudah bisa diurai dengan mikroba yang dimasukkan ipal, kita juga akan mendatangkan alat dari eropa untuk menangani limbah, saat ini masih proses,” tandas Pramono.

Seperti diketahui, hari Jumat (19/1/2018) warga terdampak bau PT RUM berencana melakukan aksi demo di Halaman DPRD dan Kantor Setda Pemkab Sukoharjo. (jia)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress