Mahasiswa FP Unisri Belajar Pertanian Organik di Batu Malang

JATENGONLINE, SOLO – Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melaksanakan kuliah agrowisata, bertempat di BATU Malang, diikuti oleh mahasiswa semester satu, tiga, dan lima. Selasa (23/1/2018).

Menurut Dr. Dewi Ratna Nurhayati. MP, salah satu pembimbing lapangan menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu matakuliah agro wisata dengan mengunjungi petani organik, arti organik sangat luas dimana produk hortikultura dan padi sudah dihasilkan oleh petani Tawangargo Karangploso Kabupaten Malang.

Dengan kunjungan tersebut mahasiswa akan tau bagaimana permasalahan pada produk organik, proses menuju organik, kendala dan manfaat memproduksi secara organik.

“Kami berharap mahasiswa bisa menerapkan dan menginspirasi model budidaya organik untuk rencana penelitian dan sosialisasi pada kelompok tani yang ada di Soloraya khususnya,” ujarnya.

Dipilihnya Agro Wisata Batu sebagai selingan untuk melihat budidaya apel, jambu, buah naga, dan proses pengolahan hasilnya serta budidaya tanaman hias yang ada di agrokusuma.

Rombongan diterima oleh H. Sukar, Kepala Desa Tawangargo, kecamatan Karangploso dengan penyerahan plakat secara simbolis oleh Ir. Kharis, salah satu dosen pembimbing lapangan dan dilanjutkan dengan ramah tamah tentang mengkonsumsi produk lokal seperti jagung manis dan olahannya dan risol jagung.

Sementara Nurhadi, PUPT kecamatan Karangploso menyampaikan materi dengan topik pengembangan pertanian organik yang menguntungkan secara ekonomi dan biodiveritas.

“Secara sosial pertanian organik bisa memberikan lapangan pekerjaan yang halal dan memberikan nilai yang baik untuk masa depan,” imbuhnya (ian).



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress