Simulasi Sispamkota Bupati Saksikan Aksi Anarkis di Sentra Niaga

Aksi anarkis massa yang bergolak saat pilkada dihalau aparat kepolisian Polres Sukoharjo.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Puluhan warga nampak berkumpul di halaman Sentra Niaga Solo Baru, nampak wajah garang penuh kemarahan diperlihatkan massa yang sebagian besar lelaki. Dalam hitungan menit, suasana berubah anarkis, saat petugas kepolisian datang menghalau massa yang mulai menjarah dan menyerang posko TPS (tempat pemungutan suara) Pilgub Jateng.

Dengan sigap anggota Dalmas Polres Sukoharjo berhasil meredakan aksi massa, baik dengan tembakan peringatan, semprotan water cannon hingga penangkapan para provokator.

Aksi tersebut merupakan kegiatan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) Polres Sukoharjo dalam rangkap menghadapi Pemilihan Gubernur (pilgub) Jateng bulan Juni 2018 mendatang, yang digelar di Sentra Niaga Solobaru, Grogol, Kamis (1/2/2018).

“Sispamkota bentuk kesiapsiagaan Polres Sukoharjo menghadapi kemungkinan terburuk proses pilgub Jateng. Utamanya dalam pengamanan sispamkota kita utamakan koordinasi dan tindakan persuasif untuk menjaga kondusifitas wilayah,” tandas Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, usai simulasi.

Simulasi sispamkota disaksikan langsung oleh Bupati Sukoharjo dan jajaran Muspida Sukoharjo. Dengan melibatkan 300 personil dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP juga Linmas. Dan untuk Pam Pilgub mendatang Polres menyiapkan 650 personil pengamanan.

Dilanjutkan Iwan, diprediksi di wilayah Kabupaten Sukoharjo tidak akan terjadi gejolak pada pelaksanaan Pilkada. Hal itu berdasarkan situasi khamtibmas yang hingga saat ini masih stabil dan aman.

“Situasi khamtibmas saat ini masih aman, dan kita prediksi tidak akan ada gejolak nantinya pada waktu Pilkada. Tetapi kita tetap harus siaga dengan kondisi yang bisa berubah sewaktu – waktu, kita optimalkan babinkamtibmas dan babinsa,” tandasnya. (jia)

 

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress