Seminar ABKIN Bedah Tantangan Guru BK Jaman Now

Mou antara univet dengan ABKIN, disela seminar nasional ABKIN. 
JATENGONLINE, SUKOHARJO – Menapaki era digital disruption atau jaman keterkejutan penggunaan internet teknologi (IT) dalam dunia pendidikan menuntut peran guru Bimbingan Konseling (BK) harus kreatif melakukan improvisasi sejalan dengan dinamika yang berkembang.
Hal itu mengemuka dalam seminar nasional bertajuk “Peran Guru BK pada Zaman Now“ dan rapat kerja daerah Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Jawa Tengah (Jateng) di auditorium Univet, Sabtu (24/2/2018).
Ketua Pengurus Daerah ABKIN Jateng, Prof DYP Sugiharto yang hadir sebagai pembicara menekankan, jaman sekarang guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membimbing siswa menghadapi Era Digital harus bisa membentuk Super Tim.
“Tak perlu menjadi Superman. Cukup Super Tim itu sudah bagus,” pesannya kepada ratusan peserta seminar yang terdiri dari perwakilan ABKIN se Jateng.
Pada pokoknya dalam seminar di tegaskan, Guru BK dalam melakukan pembimbingan kepada siswa di masing-masing sekolah dituntut mampu memanfaatkan media teknologi terbaru berbasis IT di era digital. Tidaklah baik jika guru BK dan praktisi BK tidak mau memanfaatkan IT untuk media kekinian dalam aktivitas pembimbingan kepada siswa di sekolah.
Dalam seminar  yang diikuti 100 guru BP perwakilan sejumlah Kabupaten / Kota se Jawa Tengah, juga menghadirkan dua nara sumber nasional yakni Mulawarman, Ph.D dan Drs. Arju Rahmanto, M.Ag.
Sementara, Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Ali Mursyid menyambut baik digelarnya seminar nasional dikampusnya ini. Setidaknya kampus mendapat manfaat karena juga memiliki program studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan di Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan (FKIP).
“Tentu kami mengapresiasi adanya kegiatan ini. Kebetulan Univet juga punya jurusan BK. Banyak materi yang di bahas kali ini dan dapat memberikan sumbangsih bagi para pendidik dan praktisi BK dalam memanfaatkan IT untuk proses pembimbingan BK,” kata Rektor.
Pada kesempatan tersebut Rektor mewakili Univet Bantara juga melaksanakan penandatanganan MOU dengan PD ABKIN Jateng, juga digelar pelantikan pengurus ABKIN Cabang Kabupaten Sukoharjo dan Cabang Kabupaten Jepara oleh Ketua PD ABKIN Jawa Tengah.(jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *