AkuBisa Ajarkan HR Untuk UKM dan UMKM

JATENGONLINE, SOLO – Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang pada umumnya tidak mengenal ilmu ke-HRD-an. Namun sangat beda dengan para pelaku UKM/UKMK di Soloraya yang mengikuti kelas AkuBisa (Akademi Kewirausahaan dan Bisnis Surakarta), pada Rabu (28/3/2018) pukul 19.00 hingga 23.00 WIB mendapatkan materi yang sangat special, HR for UKM UMKM.

Materi yang disampaikan secara efektif, dengan menghadirkan Yant Subiyanto, salah satu Konsultan HRD dan Trainer Nasional. Para pelaku usaha diajak memikirkan bagaimana peran fungsi ke-HRD-an terhadap kemajuan usaha. Selain itu juga mereka diberikan coaching langsung bagaimana untuk merancang SDM untuk usahanya dalam 2 tahun mendatang.

Materi pelatihan dengan model kuliah efektif selama 10 kali pertemuan, 1 kali seminar kewirausahaan dan seminar wisuda, merupakan langkah aktif Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Solo. Guna memberikan bantuan langsung berupa softskill dalam memajukan usaha dan bisnis pelaku UKM/UMKM di Soloraya.

Peserta yang bukan hanya dari Kota Surakarta dan bukan dari anggota HIPMI merupakan salah satu pengabdian HIPMI kepada masyarakat. Hal senada disampaikan oleh Syamsul Hadi (Ketua BPC HIPMI Solo) dan Ginda Feractriawan selaku Direktur Akademi.

“Materi sudah dirancang untuk pembekalan UKM UMKM sehingga terjadi peningkatan yang signifikan dalam bisnisnya. Apalagi perkuliahan ini tidak ada pungutan biaya sama sekali. Peserta ada proses seleksi, namun yang lolos sudah tinggal ikut saja. 100% gratis”, seperti yang disampaikan oleh Yant Subiyanto, sebagai Coach dalam akademi ini juga sebagai Kepala Program Pendidikan.

AkuBisa sebagai wadah kontribusi dan pengabdian HIPMI BPC Solo khususnya kepada para pegiat yang sudah berupaya dengan usaha keras mewujudkan berjalannya kuliah wirausaha dengan program yang baik.

Baik dari para mentor, pelatih, pendamping, jajaran akademik hingga para HIPMIer sebagai sponsor pelaksanaannya. Juga sokongan yang baik dari Pemkot Solo melalui Dispora Surakarta, yang juga memberikan dukungan dana operasional pelaksanaan. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.