BAN PT Terapkan Akreditasi Sistim Online

JATENGONLINE,  SOLO – Untuk menciptakan efisiensi dan meningkatkan kualitas proses akreditasi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menerapkan Sapto (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) dalam melaksanakan akreditasi untuk perguruan tinggi diseluruh Indonesia.

Dasar pelaksanaan Sapto mengacu surat dari Direktur Dewan Eksekutif BAN PT nomor 996/BAN PT/LL/2017. Demikian diungkapkan Nathan Thomas, salah satu pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Surakarta yang juga bertindak sebagai panitia Workshop Sapto.

Berdasarkan pertimbangan tersebut guna membantu pengelola perguruan tinggi agar memiliki visi dan pemahaman yang sama terhadap pelaksanaan Sapto, IAI Surakarta, Rabu (4/4/2018) bertempat di Sunan Hotel menyelenggarakan workshop “Tehnis Penyusunan Borang Akreditasi Berbasis Sapto”.

Tampil sebagai narasumber Direktur Eksekutif BAN PT, Prof. T. Basaruddin, Guru Besar FEB UNS, Prof. Djoko Suhardjanto yang juga Ketua Devisi Akreditasi IAI-KAPd dan staf pengajar FEB Trisakti Jakarta yang juga Tenaga Ahli Devisi Akreditasi IAI-KAPd, Dr. Sekar Mayangsari.

Sapto yang baru dilaunching pada 28 Maret 2018 lalu menggunakan 2 pendekatan instrumen, evaluasi diri dan akademik performance report, berisi data-data kuantitaif kinerja insitusi, sehingga diharapkan kedepan mendapat pengakuan di tingkat Internasional.

Workshop diikuti 115 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, dan dari 4650 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, baru sekitar 60 yang terakreditasi A, 500 Perguruan Tinggi terakreditasi B dan sisanya akreditasi C. (arn)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress