Holcim Indonesia : Sosialisasi Keselamatan Pertambangan ke Siswa SD

Para Siswa SD N 04 Kuripan mengikuti sesi sosialisasi keselamatan penambangan dengan interaktif.

JATENGONLINE, CILACAP – Siswa Sekolah Dasar Negeri 04 Kuripan Kidul Jl Perjuangan Kecamatan Kesugihan mengikuti Sosialisai Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum oleh Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Holcim Indonesia dan Babinsa setempat, di halaman sekolah. Selasa (10/4/2018).

Sosialisasi yang disampaikan meliputi peraturan, keselamatan dan potensi bahaya yang ada dipertambangan tanah liat milik Holcim Indonesia di Kelurahan Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi dan Desa Jangrana Kec Kesugihan. Untuk memudahkan pemahaman, sosialisasi disampaikan dengan presentasi serta menampilkan film penambangan dan potensi bahaya serta diskusi interaktif.

“Kami melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar lokasi penambangan, kami targetkan acara ini akan dihadiri oleh 500 warga Jangrana, Tritih Lor termasuk 2 Sekolah Dasar yang terdekat dengan lokasi penambangan,” ungkap Kusdiharta, Manager Community Relations

Penambangan tanah liat milik Holcim berbatasan langsung dengan masyarakat, pemahaman yang baik mengenai peraturan operasi tambang oleh masyarakat sangat penting agar tidak terjadi pelanggaran dan tetap dalam kondisi aman. Ada potensi bahaya di penambangan tanah liat diantaranya tertabrak alat alat produksi, bahaya tenggelam di area penampungan air atau settling pond dan digigit ular berbisa dilokasi yang sudah dihijaukan.

Holcim Indonesia memiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP) Tanah Liat sampai tahun 2023 dengan luas mencapai 250 hektar dan Amdal berdasarkan SK Bupati Cilacap No 660.1/18/tahun 2009 tentang Persetujuan Revisi Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) untuk penambangan tanah liat.

“Kami selalu mengutamakan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan operasional, tidak ada kompromi untuk keselamatan, sosialisasi ini menjadi bagian untuk bersama –sama menjaga keselamatan agar tidak ada kecelakaan,” pungkasnya. (ian)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress