Kawasan Manahan Menuju Sport Centre Internasional

JATENGONLINE, SOLO – Sinergi pada lintas sektor dan regulasi merupakan dasar keberhasilan misi dan visi pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo di masa depan. Namun demikian, hendaknya diperhatikan juga dari sektor olahraga, selama ini masih kurang di perhatikan.

“Karena dari sektor ini, bisa menambah pemasukan asli daerah (PAD),” kata Kusumo Putro, Pengamat Pembangunan Perkotaan kota Solo. Sabtu (14/4/2018)

Kawasan stadion Manahan Solo, merupakan arena olah raga standar nasional selain stadion Sriwedari yang sudah melegenda dari gelaran Pekan Olah Raga Nasional pertama di Kota Solo.

“Ironisnya pemanfaatan arena olah raga stadion Manahan kurang optimal, sehingga hasil perolehannya relatif masih sangat kecil,” tegas Kusumo

Sebagai kota bisnis dan budaya, tambah Kusumo, perolehan hasil pendapatan daerah tidak semata hanya pada sektor ekonomi dan pariwisata, tetapi sarana dan prasarana milik Pemerintah sebenarnya bisa di manfaatkan secara maksimal menjadi sumber pendapatan asli daerah diluar pajak.

“Gelanggang Pemuda Bung Karno, yang berada disisi timur stadion, termasuk arena olah raga tidak produktif, nyaris tidak ada aktivitas,” tandas Kusumo.

Penambahan fasilitas melalui pembenahan di stadion Manahan, seperti penambahan lapangan olah raga indoor, bisa menjadi solusi memajukan Manahan menjadi Sport Centre Nasional.

Menurut Kusumo, lapangan indoor tidak hanya berfungsi untuk event olah raga basket, volli dan cabang olah raga lainya, tetapi juga bisa di sewakan untuk ruang pertunjukan. Sehingga mampu mendongkrak pendapatan asli daerah, sekaligus memaksimalkan kawasan Sport Centre Manahan.

“Sarana dan prasarana yang mangkrak bisa di conversikan menjadi lapangan indoor, guna melengkapi sarana olah raga yang sudah ada di Manahan. Saat ini gelanggang olah raga indoor yang mampu menampung ribuan penonton hanya GOR Bhinneka, itupun pengelolaanya di lakukan oleh pihak swasta,” lanjut Kusumo.

Hal itu bisa di lakukan oleh Pemkot Solo, managemen pengelolaan bisa belajar ataupun dikerjasamakan dengan pihak swasta, sehingga lebih profesional, imbuh Kusumo.

Digambarkan Kusumo, bahwa dalam sekali event pertandingan, harga sewa lapangan indoor mencapai puluhan juta rupiah, belum lagi hasil pajak penjual karcis yang masuk ke kas daerah. Efek domino pembangunan lapangan indoor juga akan menguntungkan usaha mikro, kuliner, jasa perhotelan dan pariwisata jika di kelola secara profesional.

Dan, serapan tenaga kerja pun juga akan ada jika Pemerintah betul betul memperhatikan tata pengelolaanya. Ditegaskan Kusumo, selama ini Pemkot Solo di nilai lemah tata pengelolaanya. Sehingga banyak sarana dan prasarana belum bisa maksimal mendongkrak PAD.

“Kota Solo tidak memiliki sumber daya alam, sehingga sektor pajak dan pariwisata menjadi andalan pemasok biaya pembangunan kota Solo,” tegasnya.

Sementara, dibukanya destinasi wisata International De Tjolomadoe yang nantinya di jadikan tujuan wisata utama kawasan Jogja, Solo, Semarang menjadi keberuntungan yang bisa di serap oleh Pemkot Solo, karena berada satu jalur dengan Manahan.

“Bukan sesuatu hal yang mustahil menjadikan Manahan sebagai Sport Centre di Jawa Tengah berkelas Internasional,” tukasnya.

Kelayakan Manahan menjadi sport centre Internasional tidak di ragukan. Taman parkir bisa menampung ribuan kendaraan bermotor. Hutan kota yang menyatu dengan kawasan olah raga. Satu lintas dengan De Tjolomadoe, serta di bangunya jembatan layang overpas untuk memperlancar akses jalan di kawasan Manahan menjadi modal dasar menjadikan Manahan Sport Center berkelas Internasional.

“Serapan anggaran ratusan milyar untuk membenahi arena olah raga dan menambah lapangan indoor di rasa tidak menjadi soal, jika hasil pemanfaatannya betul betul dapat di rasakan nyata oleh masyarakat kota Solo. Tidak hanya sektor ekonomi, tetapi juga lapangan pekerjaan,” yakin Kusumo.

Di stadion Manahan nantinya tidak hanya layak untuk pertandingan nasional, tetapi juga Internasional seperti Asian Games dan event dunia lainya. (ian)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Wordpress Theme
wordpress