Trie Utami Meriahkan Gelaran SBC XI 2018

JATENGONLINE,  SOLO – Grand Carnival Solo Batik Carnival (SBC) XI – 2018 digelar besok, Sabtu (14/7/2018), sedikitnya di International Event Tahunan Kota Surakarta yang ke 11 ini, ada 150 desain hasil karya talent-talent yang di peragakan sendiri, mereka berjalan menyusuri di sepanjang jalan Slamet Riyadi hingga Beteng Vastenburg Solo, mulai pukul 14.00 WIB.

Sebelum dimulai karnaval SBC XI yang mengangkat tema Ika Paramarta ini, penonton di tribun Stadion Sriwedari Solo akan dihibur sosok mungil dengan suara khasnya, penyanyi di era tahun 90-an, Trie Utami sekaligus sebagai maskot SBC XI.

Tentang kostum yang akan dikenakan dan judul lagu yang akan dibawakan, Trie Utami belum mau mengatakan, alasannya lebih pada surprise, agar masyarakat datang dan menyaksikan secara langsung.

“Kalau saya sebutkan sekarang bukan kejutan lagi dong, pokok-e kudu datang,” kata Trie Utami, dengan senyum renyahnya, saat di temui di Adem Ayem resto. Jumat (13/7/2018).

Belum tentu lima tahun sekali, imbuh Trie Utami, dirinya perform dengan mengenakan kostum Solo Batik Carnival, yang dominasi batiknya sangat luar biasa berbeda dibanding daerah lain. Ada rasa bangga, pada diri artis 50 tahun tersebut.

Meskipun tidak mau menyebutkan tiga judul lagu yang akan dinyanyikan, namun kesemuanya terkait dengan tema NKRI, seperti Sekitar Kita, Tanah Airku, dan Zamrud Khatulistiwa.

Rangkaian penyelenggaraan SBC XI ini dimulai Rabu (11/7/2018) dengan menggelar ekshibisi di Benteng Vastenburg Solo dan puncaknya Grand Carnival pada Sabtu (14/7/2018).

Ketua Yayasan Solo Batik Carnival, Lia Imelda berharap, penyelenggaraan SBC tahun ini bisa berkontribusi lebih, terhadap wisatawan baik domestik maupun manca negara melalui tema Ika Paramartha.

“Melalui penyelenggaraan SBC XI ini, ingin menyatukan seni budaya di Indonesia dengan mengusung konsep karnaval,” papar Lia, ditemui saat menjamu makan siang Trie Utami

Dilanjutkan Lia, dengan melihat kondisi masyarakat Indonesia yang sering terpengaruh karena isu SARA, panitia Solo Batik Carnival (SBC) 2018 berkomitmen mengusung Tema Ika Paramarta ini.

Menurut rencana, SBC XI tahun ini akan menampilkan 8 Devile yang mewakili 8 Provinsi di Indonesia dan 1 Devile anak-anak. Dengan 8 tema besar dari provinsi Sumatera, Kalimantan, Irian, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Jawa dan DKI Jakarta.

Untuk Devile Pulau Jawa bertajuk Jawa Dwipa, Devile Sumatra bertajuk Nagari Minangkabau, Devile Kalimantan Bertajuk Dayak Borneo, Devile Sulawesi bertajuk Mappalili Mamiri, Devile Irian Jaya bertajuk Tanasajojo, Devile Nusa Tenggara bertajuk Sasando Timor, dan Devile DKI Jakarta bertema Lenggang Batavia. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *