Istiatin Doktor Baru di UNIBA Solo

JATENGONLINE,  SOLO – Ini merupakan momen yang bersejarah bagi Istiatin yang merupakan mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana yang telah resmi menyandang gelar doktor. Rabu (5/9/2018)

Istiatin telah menyelesaikan disertasi yang dipromotori oleh Prof. Chrustantius Dwiatmadja, S.E., M.E., Ph.D., Ir. Lieli Suharti, M.M., Ph.D., dan Harijono, S.E., MAF., M.Com (hons)., Ph.D., dengan judul “Harmonisasi Dalam Suksesi Family Business (Studi di PT. Dan Liris Sukoharjo).

Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh ketua siding Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., PhD. Selanjutnya, Dr. Istiatin, MM yang merupakan dosen jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tim penguji yaitu Prof. Dr. Ir. Sony Heru Priyanto, M.M., Prof. Dr. Pahlawansyah H., S.E., M.E., Hari Sunarto, S.E., M.B.A., Ph.D., dan Albert Kriestian N.A.N., S.E., M.M., Ph.D.

Disertasi yang diujikan sendiri membicarakan tentang Family Business, dimana Family Business memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung perekonomian diseluruh dunia, juga memiliki posisi bergengsi dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Nasional. Namun tidak banyak perusahaan keluarga atau Family Business yang bertahan hidup atau tidak longevity. Salah satu mitos dalam perusahan keluarga “generasi pertama mendirikan, generasi kedua menikmati dan generasi ketiga menghancurkan”.

Harmonisasi Dalam Suksesi Family Business merupakan strategi untuk mematahkan mitos seperti yang diterapkan oleh PT. Dan Liris, dengan melakukan perencanaan suksesi dengan baik dan memperhatikan faktor-faktor penentunya, salah satunya adalah Peran Pendiri. Kemudian melakukan proses dan tahap mentoring, sehingga menghasilkan karakter dan kompetensi suksesor yang mumpuni.

Profesionalisasi juga telah dilakukan dengan melalui transformasi struktur, teknologi dan SDM, untuk menghasilkan kinerja suksesor yang dapat menciptakan Family Business yang longevity seperti yang dilakukan PT Dan Liris Sukoharjo.

Acara ujian terbuka promosi doktor diakhiri dengan penyerahan ijazah oleh pimpinan sidang dan dilanjutkan dengan sesi foto. Selamat Dr. Hj. Istiatin, M.M., semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan dan memajukan dunia penelitian di Indonesia. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *