Lomba Desain Batik Internasional UNIBA Dikuti Peserta Dari Malaysia

Peserta lomba desain batik dari Malaysia sedang membuat pola batik yang digelar oleh UNIBA Surakarta. 

JATENGONLINE, SOLO – Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA) menggelar event lomba desain batik Internasional. Selain diikuti 44 tim dari siswa SMA, SMK dan MA se Solo Raya, juga ada 15 tim peserta dari mahasiswa Malaysia, yang kebetulan sedang berkunjung ke UNIBA.

Pembukaan lomba desain batik yang berlangsung di Kampus UNIBA Surakarta, Selasa (6/11/2018). Menurut Dr Supawi Pamenang, lomba desain batik sengaja diselaraskan waktunya dengan kedatangan rombongan student exchange dari luar negeri.

“Sebenarnya tidak hanya mahasiswa Malaysia yang hadir, konfirmasi sehari sebelumnya mahasiswa dari Perancis, Slovakia dan negara Eropa lainnya yang akan hadir, tapi mendadak ditunda,” ujar Supawi, Koordinator Student Exchange UNIBA-UTeM Malaysia.

Lomba desain batik ini merupakan event tahunan yang digelar UNIBA saat dies natalis, selain juga sebagai bentuk tanggungjawab moral UNIBA dalam melestarikan dan memajukan batik, agar tetap menjadi produk unggulan dan khas Indonesia.

Ditambahkan Wahyu Beny, Ketua Penyelenggara Lomba Desain Batik UNIBA, lomba bertujuan untuk mendorong adanya regenerasi pembatik muda, yang bisa meneruskan kerajinan batik ini.

“Lomba desain batik ini sekaligus mensosialisasikan batik ke tingkat internasional, yang lebih menariknya, desain lomba nantinya akan dilelang,” tegas Wahyu.

Selain lomba desain batik, sejumlah rangkaian acara diselenggarakan untuk menyemarakan even tahunan tersebut yakni proses membatik yang dibagi 19 tim membatik dan fashion show batik, dilanjutkan penyerahan tropi pemenang.

Panitia menghadirkan juri lomba desain batik diantaranya Ketua Yapertib Solichul Hadi, sekaligus sebagai praktisi batik dengan pemegang 13 hak paten desain batik, Rum Widiarso, praktisi batik di kota Solo, serta Handayani dari Akademisi.

Lomba dibagi kategori peserta SMA, SMK dan MA, lalu kategori internasional yang diikuti 15 tim. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *