Diajang Kreaba BEM UNIBA Surakarta Guncang Balekambang

JATENGONLINE, SOLOBadan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNIBA Surakarta menggelar kegiatan Kreaba “Kreasi Anak Bangsa” se-solo raya di Taman Balekambang Solo. Kegiatan ini sangat menarik karena diikuti oleh pemuda-pemuda yang peduli untuk melestarikan budaya tanah air.

Budaya yang disajikan berbentuk tari kreasi baru. Tari-tari yang digelar pun tidak terbatas hanya tari jawa saja, namun ada pula tari kreasi dari jayapura, sunda, dan lain sebagainya. Sedangkan pesertanya adalah tim yang terdiri dari minimal 2 orang.

Kegiatan ini bukanlah yang pertama kali diadakan oleh BEM UNIBA Surakarta. Menurut presiden BEM UNIBA Surakarta, M. Arif Oksya, Kreaba rutin diadakan setiap tahun sebagai bentuk jawaban atas kerisauan teman-teman mahasiswa akan pelestarian tari daerah yang sekarang sudah mulai memudar.

“Saya dan teman-teman merasa risau jika kelak tari daerah memudar, khususnya di kalangan pemuda di daerah Solo,” ungkap Oksya. Hal ini dipertegas oleh Oksya yang melihat bahwa setiap ada kegiatan besar, panitia pasti kebingungan mencari penari yang digunakan untuk opening ceremony.

Kreaba “Kreasi Anak Bangsa’ se-solo raya ini diikuti oleh 8 tim. Mereka adalah sanggar tari Izakud Bekai Izakud Kai, Akademik Komunitas Industri Tekstil & Produk Tekstil, Sanggar Tari Orek, Universitas Duta Bangsa Surakarta, SMP Negeri 1 Surakarta, Habaring Hurung Borneo Mandau Dance, dan Jaipong Gumbira. Sedangkan juri yang menilai ada 3 orang. Mereka adalah praktisi dan akademisi dari ISI Surakarta.Selanjutnya para peserta memperebutkan piala 1, 2, dan 3. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *