Sekolah Pasar Modal di Unisri Solo

JATENGONLINE, SOLOFakultas Ekonomi UNISRI mengadakan Sekolah Pasar Modal 2018 dengan tema “Investasi Saham di Era Milenial untuk Hidup yang Lebih Baik”, pada hari Selasa (11/12/2018) yang bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 UNISRI yang diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari MOU yang sudah dilakukan UNISRI dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Sekuritas (Phintraco Sekuritas) sejak tahun 2014.

D. Ririn Indriastusi, SE, MSi, selaku dosen pengampu mata kuliah Pasar Modal menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perkuliahan terakhir dimana mahasiswa harus bisa sampai praktek jual beli saham yang sesungguhnya.

“Hari ini kita akan lakukan login massal yaitu sekitar 300 mahasiswa, setelah itu secara otomatis setiap akun akan mendapat uang 100 ribu”, ungkap Dendy Faizal Amin dari Bursa Efek Indonesia. Yang bersangkutan juga membantu secara teknis kepada mahasiswa yang akan mengaktifkan akun nya di KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan masing-masing akan mendapat kartunya.

Setiawan Efendi, selaku manajer cabang Phintraco Sekuritas memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam memanajemen uang atau sahamnya, juga tentang bagaimana mengelola psikologi dalam trading. Lanjut ungkapnya kepada mahasiswa: “Kita harus tenang saat melakukan trading, tidak boleh terbawa emosi dan berpikir jernih.”

Mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan kali ini dari program studi akuntansi (semester 3) dan manajemen (semester 5). Syadza Fadila Siregar, mahasiswa Akuntansi semester 3 yang baru satu minggu bergabung dan mulai jual beli saham membagikan bahwa sudsh profit sekitar lima puluh ribu, karena lebih fokus membeli saham kepada perusahaan yang naiknya saham cepat.

Untuk dapat memantau perkembangan nilai saham dapat menggunakan aplikasi Profits yang dapat diunduh dari playstore jika menggunakan smartphone dengan sistem operasi android. (yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *