Melihat Lebih Dekat Koperasi BATARI

Lewat Mata Kuliah Operational Research

JATENGONLINE, SOLO – Ir. Solichul HA Bakri, M.Erg sebagai pengampu mata kuliah Operational Research di Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen UNIBA Surakarta, mengajak mahasiswa melakukan kunjungan lapangan di Solo’s Bistro dan Koperasi Batik Batari. Selasa(11/12/2018).

Peserta kunjungan ini sekitar 80 mahasiswa Manajemen semester 5. Dalam kunjungan dengan durasi sekitar 1,5 jam ini mahasiswa mendapatkan materi Sejarah Koperasi Batari serta pasang surut usahanya.

BATARI merupakan singkatan dari Batik Timur Asli Republik Indonesia. BATARI lahir dalam tahun perjuangan bangsa Indonesia, dan karenanya tidak luput dari kesulitan dan hambatan.

“Sebagai koperasi produksi, BATARI memiliki tujuan mengupayakan dan mencukupi kebutuhan para anggotanya akan bahan pokok yang diperlukan bagi proses produksi batik, dan berusaha mengadakan penjualan juga pemasaran bersama atas semua produksi para anggotanya,” paparnya.

Dikesempatan tersebut, Ir. Solichul HA Bakri, M.Erg juga menjelaskan beberapa usaha yang pernah ditempuh oleh BATARI, antara lain 1.Menjadikan gedung koperasi menjadi Wisma/Gedung Pertemuan BATARI yang disewakan. 2.Membuka kios batik di Pasar Klewer Surakarta. 3.Mendirikan Pabrik Es-Batu pada areal belakang lahan BATARI. 4.Usaha angkutan transportasi dan ekspedisi barang Surakarta-Pekalongan. 5.Menyewakan sebahagian lahan bagian timur, kepada PT. Bank Bukopin. 6.Mengupayakan simpanan di GKBI menjadi saham pada PT. GKBI Investment.

“Kunjungan lapangan ini ditutup setelah mahasiswa diajak berkeliling mengenali lingkungan Batari yang berada di Jl. Brigjend Slamet Riyadi no.183 kota Surakarta,” pungkas Fithri Setya Marwati, Humas UNIBA Surakarta. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *