Solo Batiik Carnival XII – 2019 Go Asean !

JATENGONLINE, SOLO – Masuk dalam Top 100 Wonderful Event Indonesia 2019 Kementrian Pariwisata RI, menjadi chalenge tersendiri bagi penyelenggara event unggulan agenda budaya dan wisata Pemkot Solo, untuk bisa tampil optimal dengan sajian berbeda dan selalu dinantikan.

Agenda yang di gelar rutin tahunan, di 2019 memasuki gelaran yang ke 12 kalinya, sebagaimana ditetapkan di Calendar of Events 2019 even tersebut akan di laksanakan pada 26-28 Juli 2019.

Solo Batik Carnival (SBC) XII rencananya bakal mengusung konsep berbagai macam kebudayaan berbagai negara di Asia dan Republik of Korea yang dibalut dengan batik khas budaya Indonesia khususnya Jawa Tengah utamanya Solo.

Koordinator SBC, Ade Sugriwa mengatakan, konsep yang akan di bawakannya yakni Asean-ROK. Mengaktualisasi budaya negara-negara tersebut, mulai dari bentuk bangunan, alat musik, ukiran dan pakaian tradisional

“Kita ambil secara garis besar dan penggambarannya saja, tanpa menyinggung kebudayaan asli nya. Cuma garis merahnya ada di modifikasi batik Indonesia khususnya Batik Solo,” papar Ade, saat dihubungi. Rabu (26/12/2018)

Lebih lanjut di jelaskan Ade, misal negara Thailand, dimana kebudayaannya banyak bermain di bentuk gading. Vihara pakaian tradisional bernuansa emas, nantinya pada disain kostum karnavalnya tidak pakai songket khas Thailand, akan tetapi pakai batiknya Indonesia.

Sedangkan proses workshop sudah ready berikut instrukturnya, dan jadwalnya akan di mulai pada pertengahan April 2019. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *