Kadar Kolesterol Selalu Meningkat, Waspada Hipotiroid !

JATENGONLINE, SOLO – Belum banyak orang peduli pada kesehatan tiroid. Padahal, gangguan pada kelenjar ini bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Hipotiroid merupakan salah satu contoh gangguan tiroid paling banyak penderitanya, tetapi jarang disadari.

Kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di bawah tenggorokan dan memiliki peran penting dalam hampir setiap proses metabolisme tubuh. Tiroid menghasilkan beberapa hormon utama, salah satunya tiroksin. Tiroksin merupakan hormon pengatur metabolisme dalam tubuh, apabila levelnya meningkat akan mengakibatkan hipertiroid dan sebaliknya apabila menurun dapat menjadi hipotiroid.

Hipotiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid menjadi kurang aktif sehingga menghasilkan hormon lebih sedikit sehingga menyebabkan kenaikan berat badan, peningkatan kadar kolesterol, dan kulit kering. Hipotiroid juga dapat menyebabkan pembesaran tiroid (gondok) jika tidak ditangani. Dan gejala gangguan tiroid tersebut selain sangat beragam, juga sangat sulit untuk dideteksi sejak awal.

Ketika kondisi hipotiroid terjadi, seluruh metabolisme tubuh terasa seperti melambat. Kita selalu merasa lelah, lesu, dingin, dan pegal. Tubuh membutuhkan hormon tiroid untuk mengolah dan menyerap kolesterol baik (HDL) dan menyingkirkan kolesterol jahat (LDL). Tubuh tidak bisa menghancurkan dan membuang kolesterol LDL dengan optimal pada kondisi hipotiroid. Akibatnya, kolesterol LDL justru akan meningkat di dalam darah.

Sebaliknya, penderita hipertiroid justru bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh terlalu rendah. Padahal tubuh tetap membutuhkan kolesterol HDL. Gejala yang mungkin muncul saat menderita hipotiroid yakni Berat badan meningkat, Detak jantung lambat, Sensitif terhadap dingin, Nyeri otot dan lemas, Kulit kering, Sembelit dan Sulit fokus.

Karena gejala yang tidak spesifik, pemeriksaan laboratorium menjadi penting untuk deteksi lebih awal gangguan tiroid. Sebagai wujud komitmen Prodia untuk mendukung kesehatan nasional.

Prodia mengadakan January Awareness Month dalam rangka meningkatkan awareness cegah kanker serviks dan gangguan fungsi tiroid. Manfaatkan keringanan biaya sebesar 20% untuk pemeriksaan ProHealthy Serviks dan ProHealthy Tiroid selama bulan Januari 2019. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Kontak Prodia 1500-830. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *