UNSA Fokus Socio-Entrepreneurial

DR. Arya Surendra, MM. Rektor UNSA, saat jumpa media di RM Adem Ayem Solo. Selasa (12/2/2019)

JATENGONLINE, SOLO – Dalam rangka turut menyokong pembangunan manusia Indonesia, Universitas Surakarta (UNSA) ingin berkontribusi pada pembangunan bangsa, khususnya kontribusi di dalam bidang pendidikan tinggi.

Ada tiga pilar pokok program kerja yang akan disiapkan, yaitu meningkatkan reputasi akademik, mempercepat transformasi organisasi, dan meningkatkan kepedulian sosial. Ketiga pilar ini diimplementasikan kepada segenap Dosen, Karyawan, dan tentunya Mahasiswa Universitas Surakarta.

“Harapannya, dengan proses pembelajaran yang baik, UNSA bisa turut memberikan kontribusi outcome lulusan yang berkualitas,” papar DR. Arya Surendra, MM. Rektor UNSA, saat jumpa media di RM Adem Ayem Solo. Selasa (12/2/2019)

Menurut Arya, sejalan dengan semangat dan nilai pendiri kampus Bumi Bengawan, ASMI Solo, UNSA & AKPARTA, yakni almarhum Prof. DR. H. Brodjo Sudjono, SH, MS. dan terus akan tertanam dalam jiwa nya “Bekerja Keras, Berfikir Cerdas, Berhati Ikhlas”, meskipun menurutnya, mengelola universitas hari ini, jauh berbeda ketika UNSA masa didirikan.

“Tantangan bangsa juga mengalami perubahan. Namun, semangat dan nilai-nilai dari Pendiri tidak boleh luntur sedikit pun,” tekadnya.

Terlebih UNSA akan menempuh babak baru di bawah kepemimpinannya, periode 2019-2023, setelah resmi dilantik oleh Pembina dan Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta pada 4 Februari 2019 di Gedung Rektorat kampus UNSA Jl. Raya Palur Km 05, Karanganyar, lalu.

Memasuki era revolusi Industri 4.0 ini, bangsa ini dianggap sebagai salah satu potensi kekuatan yang diperhitungkan. Indonesia diproyeksikan akan masuk ke dalam jajaran negara terbesar dunia dalam 10-20 tahun ke depan. Salah satunya, karena bonus demografi dimiliki. Namun, pada sisi demografi ini, kita memiliki tantangan pokok yang sangat mendasar, yaitu Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Kualitas tidak hanya berbicara kompetensi, produktivitas dan daya saing, namun juga karakter integritas Indonesia.

Rektor dan mantan rektor UNSA berfoto bersama jajaran Yayasan Pendidikan Bumi Bengawan

Selain itu, salah satu pendekatan sesuai visi misi UNSA adalah socio-entrepreneurial atau kewirausahaan sosial yaitu gabungan antara pendekatan entrepreneurial dalam bisnis dengan tujuan sosial, bisnis sebagai bagian dari solusi persoalan sosial. Prinsip ini diinspirasi oleh semangat pendiri UNSA yang hingga kini terus dijabarkan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

“Pada periode ini, UNSA akan memiliki momentum penting dalam pengembangan sarana prasarana kampus, yakni rencana pembangunan kampus unit gedung VIII, yang akan didedikasikan sebagai Center for Youth Development. Sementara gedung unit kampus yang sudah ada akan didedikasikan sebagai Center for Nation Development,” jelas Arya Surendra.

Pembangunan calon unit gedung VIII akan menjadi pusat pengembangan yang berfokus pada pembentukan karakter mahasiswa dalam rangka mempersiapkan talenta-talenta muda untuk pengembangan diri mereka ke depan pada berbagai aspek, termasuk kompetisi global dan multikulturalisme. Unit gedung kampus VI hingga VIII ini, juga akan menjadi pusat aktivitas bagi seluruh mahasiswa S1 baik akademis maupun non akademis, seperti unit kegiatan mahasiswa.

Kampus unit gedung I hingga V akan menjadi pusat pengembangan yang berfokus pada sinergi kewirausahaan – pemerintah – dan masyarakat. Universitas Surakarta akan mengembangkan beragam kajian yang relevan dengan sinergi tersebut. Maka, kampus akan dijadikan pusat untuk pengembangan kajian ilmu, lembaga riset, dan studi Pascasarjana.

“Melalui pengembangan tersebut, UNSA berkomitmen untuk menjadi universitas yang memiliki keunggulan akademik dan professional yang selaras dengan karakteristik bangsa Indonesia, selalu melakukan interaksi antara iman, ilmu dan kebudayaan Indonesia, serta berwawasan kewirausahaan sosial,” pungkas Arya Surendra. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *