Pesantren (Ter) Kilat SMP Negeri 8 Surakarta

JATENGONLINE, SOLO – SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan pesantren kilat, Selasa (21/5/2019). Dalam kegiatan pesantren kilat ini di mulai pada pagi hari pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 18.15 WIB diikuti oleh semua peserta didik kelas VII dan VIII.

Kepala Sekolah Triad Suparman, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan hikmah dari bulan ramadhan. Dimana peserta didik dengan antusias melaksanakan kegiatan pesantren kilat ini.

“Pesantren kilat ini, merupakan kesan tersendiri bagi peserta didik dan Pembina, dimana karakter peserta didik dikembangkan melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga pada lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat,” katanya.

Dalam kegiatan pesantren ini juga diadakan berbagai lomba untuk peserta didik antara lain ; lomba Adzan dan Iqomah untuk peserta didik laki-laki, lomba kaligrafi kelompok, lomba kultum untuk peserta didik putra/ putri. Lomba Adzan dan Iqomah yang bertempat di kelas 7 G sebagai penilai adalah Kelik Gunawan Pribadi, S.PdI.,M.PdI. dibantu oleh Nur Khasan, S.Pd., Darwanto, S.Pd. dan Puwar Renjas Injara, S.Pd.

Sementara peserta didik putra mengikuti lomba, peserta didik putri mengikuti penyuluhan tentang kesehatan kewanitaan dari Dinas Kesehatan. Lomba Kaligrafi yang dilakukan di ruang kelas masing-masing dengan penilai Agus Sri Wiyono, S.Pd. dibantu oleh Rori Khoirudin, S.Pd., Wiwin Andriyanto, S.Pd., dan Bandriyo, S.Pd.

Untuk lomba kaligrafi ini kertas disediakan dari sekolah, alat untuk mewarnai membawa sendiri. Peserta lomba kaligrafi ini satu karya terdiri dari 4 ( empat ) atau 5 ( lima ) peserta didik per kelompoknya. Jumlah semua peserta yang ikut dalam lomba ini sejumlah 61 peserta didik. Kriteria penilaian dalam lomba kaligrafi ini antara lain ; kesesuaian kaidah penulisan, gradasi warna dan keindahan, kerapian, kebersihan.

Lomba kultum ( kuliah tujuh menit ) yang diikuti oleh setiap kelas diwakili 2 ( dua ) putra dan 2 ( dua ) putri. Kultum untuk putra yang bertempat di Ruang Aula dengan penilai Kelik Gunawan Pribadi, S.PdI.,M.PdI., Pujianto, S.Pd., Muji Widodo, S.Pd., Budi Purnama, S.Pd. Sedangkan peserta lomba kultum putri bertempat di Masjid dengan penilai Dwi Puji Handayani, S.Pd., Siti Martabatul Aliyah, S.Pd., Hesti Setyaningsih, S.Kom. Hasil penilaian lomba Adzan dan Iqomah kelas VIII juara 1 – 3 yaitu Naufal Fauzan, Farel dan Jesen. Untuk Juara Favorit ( setiap hari adzan dan iqomah ) adalah Didan. Kelas VII juara 1 – 3 adalah Lucky, Devabia, Adrian Dariel. Juara Favoritnya adalah Mustofa.

Hasil lomba kaligrafi kelas VIII, juara 1 – 3 yaitu kelompok Annisa , kelompok Laila, kelompok Santi Sasmita. Sedangkan kelas VII juara 1 -3 adalah kelompok Fadhilah, kelompok Acacia dan kelompok Adit. Lomba Kultum kelas VIII juara 1 – 3 yaitu Wisnu, Farrel dan Krisna Ali. Untuk Juara Kultum Putri kelas VIII adalah Resilia, Viska Aulia, Nafisha. Kelas VII lomba Kultum Putra juara 1 – 3 yaitu Deland, Ridho dan Arya. Juara Kultum Putri 1 -3 adalah Aqilatun Nisa, Anastasia, Nadia Marsha.

Peserta didik yang beragama Katolik berjumlah 54 anak dan 4 ( empat ) guru pendamping berkunjung ke Panti Wreda Yayasan Dharma Bakti Kasih St. Theresia, Bayan, Kadipira. Dengan kegiatan sebagai berikut ; memberikan sumbangan berupa tepung terigu, tepung beras, agar-agar, mutiara, gula pasir, minyak goring dan pampers. Dilanjutkan dengan bernyanyi bersama, sharing dengan eyang-eyang, menyuapi stup makroni, mengantar ke kamar mereka dan dilanjut menyapa dalam bentuk “ngobrol bareng”.

Peserta didik yang beragama Kristen berkunjung ke Panti Asuhan Anak Seribu Pulau Palur, Karanganyar. Kegiatan yang dilakukan antara lain ; kebaktian pagi, lomba menghias telur Paskah, bakti sosial Paskah ke Panti Asuhan, pemitaran film Paskah “Musa” dan lomba cerita Alkitab untuk kelas VII Perjanjian Baru dan untuk kelas VIII Perjanjian Lama. Peserta didik yang berjumlah 20 ( kelas VII, VIII dan IX ) didampingi oleh 3 ( tiga ) guru juga melakukan bakti social dengan memberikan perlengkapan makan, minum dan mandi juga sabun cuci.

Kegiatan setelah selesai lomba dilanjutkan dengan pembagian Zakat Fitrah ke warga lingkungan sekolah dan peserta didik yang pantas untuk menerima. Yang bertanggungjawab dengan pembagian zakat ini adalah Nur Barokah, S.PdI., dan Rekyan Pamusthi, S.Pd. bertempat di ruang kelas masing-masing. Setelah sholat Ashar semua yang beragama Islam mendengarkan pengajian dan doa yang disampaikan oleh Ust. Kelik Gunawan Pribadi, S.PdI.,M.PdI. Juga disuguhi oleh penampilan Hadroh dan hafalan surat pendek. Sekaligus sebagai gladi bersih untuk acara Dharma Wanita Persatuan besuk hari Minggu tanggal 26 Mei 2019.

Acara terakhir adalah tukar menukar snack dari peserta didik di ruang kelas masing-masing didampingi oleh wali kelas untuk membatalkan puasa. Setelah sholat Maghrib berjamaah diakhiri dengan buka bersama yang sudah disediakan oleh sekolah yang bertempat di halaman sekolah. Dilanjutkan dengan doa penutup kegiatan keagamaan. Seluruh kegiatan berakhir pada pukul 18.15 WIB, semoga dengan kegiatan pesantren kilat ini bisa bermanfaat bagi semua warga sekolah.

Dilaporkan : Ngateman, S.Pd. Waka Humas SMP Negeri 8 Surakarta

Satu tanggapan untuk “Pesantren (Ter) Kilat SMP Negeri 8 Surakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: