Daun Stevia, Solusi Pemanis Alami Alternatif Rendah Kalori

JATENGONLINE, SOLO – Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi kembangkan PKM -P (Program Kreatifitas Mahasiswa – Penelitian) yang berjudul “Aplikasi Stevia pada Wedang Semir (Secang dan Gambir) Sebagai Pemanis Alami”.

Penelitian ini dilakukan oleh Ardian Oky Pradana sebagai ketua dan anggota masing-masing: Ria Pertiwi dan Felia Ema Suhono dengan pembimbing, Akhmad Mustofa, STP, MSi.

Penelitian ini adalah salah satu dari tiga penelitian lain di UNISRI yang lolos Dikti dan mendapat bantuan hibah sebesar lima juta rupiah.
Ardian menyebutkan bahwa alasan memilih judul tersebut oleh karena besarnya kalori dari pemanis di dalam sukrosa, karena itu perlu alternatif pemanis alami.

“Kami memilih daun Stevia oleh karena tingkat kemanisan Stevia 300 (tiga ratus) kali lebih manis dengan tingkat kalori yang lebih rendah dibandingkan sukrosa,” ungkap Ardian.

Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu lima bulan untuk mencari data mengenai aktifitas antioksidan, gula total, PH, warna, dan tingkat kesukaan.

“Kami berharap minuman fungsional wedang semir dengan penambahan Stevia dapat mengurangi konsumsi gula bagi penderita diabetes, selain itu minuman ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk menangkal radikal bebas,” jelas Ardian dan tim pengusul PKM.

Ketiga peneliti berharap apa yang sudah mereka raih dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain untuk membuat penelitian dan bisa lolos sampai ke Dikti. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: