SMPN 8 Solo Halal Bihalal Kuatkan Tali Persaudaraan

JATENGONLINE, SOLO – Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. mengadakan halal bihalal dengan seluruh guru dan karyawan di aula sekolah setempat. Selain itu juga mengundang Pengawas, Mantan Kepala Sekolah, Pensiunan, Guru dan Karyawan yang telah purnatugas, guru yang mutasi ke sekolah lain, Alumni Pakusewu, Perwakilan Masyarakat di lingkungan Sekolah. Jum’at (14/6/2019)

Halal bihalal yang digelar juga bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi yang baik bagi semuanya. Halal bi halal hari ini mengambil esensi silaturahmi, dimana forum ini dapat digunakan untuk mempererat tali persaudaraan antara semua anggota keluarga besar SMP Negeri 8 Surakarta,” papar Triad Suparman, dalam sambutannya.

Acara diawali dengan ikrar halal bihalal yang dibaca oleh Ngateman, S.Pd. dengan disisipi pamitan sebagai pengurus keluarga. Tanggapan ikrar halal bi halal oleh Kepala Sekolah Triad Suparman mengatakan kegembiraaannya bahwa acara halal bihalal hari ini ada sebagian yang hadir baru kenal saat ini.

Selanjutnya mengucapkan selamat datang kepada para undangan. Kedua mengucapkan semoga Allah mengabulkan dan mengampuni kesalahan kita dan yang ke tiga menyadari bahwa sebagai orang yang dituakan di sekolah tentu ada kesalahan dalam bergaul, untuk itu minta maaf dan yang terakhir mohon doa restu akan menunaikan ibadah haji.

Nugroho S.Pd., M.Pd, dan istri mantan Kepala Sekolah SMP 8 Solo sekarang pengawas

Acara ini dihadiri oleh sekitar 150 orang untuk saling memaafkan dan menguatkan silaturahmi antar sesama manusia, mengharap agar Allah mengampuni dosa kita dan mengabulkan doa kita semua. Memberi maaf lebih tinggi nilainya, tidak hanya meminta maaf, lanjut Kepala Sekolah..

Halal bi halal ini juga sebagai bentuk instrospeksi diri dalam melayani peserta didik terutama dalam bidang pendidikan. Acara dimulai pukul 13.00 WIB dihadiri oleh mantan Kepala Sekolah beserta istri / suami. Sebanyak kurang lebih 150 undangan ini bersalaman secara bergiliran dengan Kepala SMP Negeri 8 Surakarta.

Acara ini diiringi sholawat dan lantunan lagu religi ditambah dengan lagu ulang tahun, kebetulan mantan Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Sutarmo,S.Pd.M.Pd. sedang berulang tahun ( saat ini Kepala SMP Negeri 1 Surakarta ).

Sutarmo S.Pd, M.Pd dan istri Kepala SMPN 1 Solo

Beliau yang datang bersama istrinya juga memberi kesan dan sedikit pesan kepada waka Humas bahwa Alhamdulillah dapat kembali menjalin tali silaturahmi di antara keluarga besar SMP Negeri 8 Surakarta. Suasana halal bi halal terasa hangat dan membahagiakan. Dan yang membuat hangat dan membahagiakan adalah sambutan panitia dan semua guru.

Yang lebih menarik dalam acara ini adalah pengiring lagu seorang alumni jurusan Matematika FKIP UNS yang bernama Makchulan Baihaqi atau nama kerennya Max Baihaqi.

Max Baihaqi saat mengiringi para penyanyi lokal SMPN 8 Solo

Beliau kebetulan suami dari salah satu guru SMP Negeri 8 Surakarta, Prico Diana Dewi, S.Pd.MH. ( Guru PKn.). Mas Max ( nama panggilan dari istri tersayang ) ini lahir di desa Bandongan, Magelang hobby nyanyi dan memasak, mempunyai lagu favorit Love hurts dan Keroncong Moritzko. Kegiatan setiap harinya yaitu mengajar vocal dan ngamen, kata sang istri.

Kepala Sekolah SMPN 8 foto bersama tamu

Kegiatan ini diisi dengan ceramah agama dan pembacaan doa yang disampaikan oleh Ustad Hanan yaitu mengenai hikmah halal bi halal budaya yang dimunculkan presiden Soekarno dilakukan dengan bersalaman. Kegiatan ditutup pada pukul 15.00 WIB oleh pembawa acara yang disampaikan oleh Nanik Harimangesti, S.Pd dan Hasmanty Sri Lestari. S.Pd. dan Budi Purnama, S.Pd. dengan berjabat tangan yang dipandu oleh Bapak/ Ibu Benedictus Wardaya dan Bapak / Ibu Muji Widodo.

Semoga dengan halal bi halal ini juga mencairkan hubungan yang selama ini terkesan beku menjadi hubungan yang harmonis serta menyambung silaturahmi yang terputus. Pelajaran yang bisa diambil dalam halal bi halal ini adalah sebagai pembersih dari pada semua kesalahan yang pernah dilakukan, membersihkan hati dari rasa benci kepada sesama manusia, memupuk segala rasa kepedulian dan kebersamaan.

Dilaporkan oleh : Ngateman, S.Pd. Waka Humas SMP Negeri 8 Surakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *