PPDB Online, Pendaftar SMPN 8 Solo Membludak

JATENGONLINE, SOLO – Hari ini Senin (1/7/2019), Kota Surakarta mulai pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020. Pendaftaran dimulai pada hari ini sampai dengan hari Rabu (3/7/2019) mendatang.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam info dinas bahwa PPDB tahun ini berbasis zonasi, sekolah tidak bisa memilih peserta didik berdasarkan nilai, calon peseta didik yang memang tempat tinggalnya terdekat dengan sekolahan menjadi prioritas.

Penerimaan peserta didik baru SMP Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020 sudah ada lagi predikat sekolah favorit atau tidak. Karena sekolah tidak bisa memilih peserta didik dengan memandang nilai seperti tahun-tahun yang lalu.

suasana pendaftaran di ruang kelas SMPN 8 Solo, di hari pertama. Senin (1/7/2019)

Karena model zonasi merupakan model baru sehingga masih banyak orang tua yang merasa kebingungan untuk mendaftar anak-anaknya.

Hari pertama di SMPNegeri 8 Surakarta, orang tua dan calon peserta didik sudah berdatangan mulai pukul 06.15 WIB. Bahkan pukul 06.20 WIB, dua ruangan sudah penuh dengan calon peserta didik yang berjumlah 30 siswa per ruang.

Orang tua menganggap bahwa kedatangan lebih awal bisa mendaftar lebih awal sesuai dengan daftar antrian kehadiran sehingga bisa selesai lebih dulu. Dengan anggapan yang seperti itu membuat orang tua banyak yang kaget.

Pendaftaran yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB di SMP Negeri 8 Surakarta sudah mencapai lebih dari 9 ( sembilan ) ruang dari jalur regular. Untuk peserta didik lewat jalur reguler ada 267 peserta sedangkan jalur prestasi di hari pertama yang mendaftar ada 3 calon peserta didik.

Perlu diketahui bahwa syarat-syarat yang harus dilengkapi sudah dipasang di papan pengumuman dan tempat informasi PPDB yang terletak di depan ruang Aula. Termasuk daftar zonasi yang harus diketahui oleh calon peserta didik dan orang tua.

Keluhan yang muncul dalam pendaftaran hari pertama bagi orang tua calon peserta didik adalah prestasi. Karena memang yang diutamakan untuk pendaftaran tahun ini adalah system zonasi (wilayah).

Adapun tujuan zonasi menurut Mendikbud Muhadjir Effendy untuk pemerataan hak memperoleh pendidikan bagi anak-anak usia sekolah. Sesuai dengan tema kerja tahun 2017 yang dicanangkan Kemdikbud yakni “ Pemerataan Pendidikanyang Berkualitas”. Maksudnya bahwa penerimaan tidak berdasarkan capaian prestasi akademik tetapi berdasarkan tempat tinggal siswa dengan sekolah (zonasi).

Halaman sekolah SMPN 8 Solo dipenuhi kendaraan calon peserta didik baru yang mendaftar. Senin (1/7/2019)

Calon peserta didik yang berada di zona sekolah tersebut harus diterima, tidak boleh ditolak. Jadi kalau ada sekilah favorit di suatu zona, maka itu menjadi hak dari peserta didik yang berdomisili di zona sekolah tersebut. Kedepan tidak ada lagi kastanisasi sekolah, tidak ada lagi sekolah favorit dan tidak favorit.

Pendaftaran hari pertama di SMP Negeri 8 Surakarta ditemui beberapa permasalahan antara lain tentang KK (Kartu Keluarga). Seharusnya yang termasuk hubungan kekeluargaan adalah anak dan cucu tetapi muncul family lainnya. Padahal family lain tidak masuk dalam status hubungan keluarga.

Namun hal ini bisa teratasi dengan menghubungi Dinas Pendidikan. Peserta didik Gakin yang sudah mendaftar dan tidak diterima masih diblokir dan belum dibuka blokirnya oleh pusat sehingga tidak bisa masuk. Dan Dinas Pendidikan yang bisa menyelesaikannya. Orang tua merasa kebingungan karena system zona On Line berbeda (tidak sesuai) dengan kenyataan waktu mendaftar.

Perlu diketahui bahwa di SMP Negeri 8 Surakarta, PPDB Pendaftaran Reguler On Line dimulai pada tanggal 1 – 3 Juli 2019, pukul 08.00 – 13.00 WIB, Rabu hingga pukul 14.00 WIB. Pengumuman hasil seleksi On Line pada hari Sabtu, 6 Juli 2019, ditempel di SMP Negeri 8 Surakarta atau lewat Website.

Bagi peserta didik yang diterima untuk segera mencatat syarat-syarat untuk daftar ulang yang akan dipasang pada tanggal 8 – 9 Juli 2019. Daftar ulang bagi calon peserta didik yang diterima yaitu tanggal 8 – 9 Juli 2019, pukul 08.00 – 12.00 WIB. Daya tampung : 8 rombel dengan jumlah 256 peserta didik yang terdiri dari : jalur prestasi 10% = 26 peserta didik, jalur perpindahan tugas orang tua / wali 5% = 13 peserta didik, jalur Gakin 30 % = 77 peserta didik dan jalur regular = 144 peserta didik.

Dengan adanya pendaftaran system zonasi seperti sekarang ini sebagai orang tua tidak akan muluk-muluk dengan harapan dan keinginannya. Mereka tetap ingin menjadi orang tua yang dihormati dan dihargai oleh anak-anaknya. Ingin agar anaknya menjadi lebih baik, lebih bahagia dan lebih sukses dari mereka.

Bahkan mereka juga mengharapkan anak-anaknya menjadi orang yang selalu jujur, mempunyai unggah-ungguh yang baik dan benar dan mendapatkan ilmu yang bisa bermanfaat bagi orang lain dan selalu bekerja tanpa pamrih (imbalan) tetapi sebagai salah satu ibadah.

Ditulis oleh Sri Suprapti, Guru SMPN 8 Solo

Satu tanggapan untuk “PPDB Online, Pendaftar SMPN 8 Solo Membludak

  • Sen, 1 Jul 2019 | 15:47 pada 3:47 PM
    Permalink

    Sayangnya tdk ada seleksi peringkat nilai…banyak yg komentar :”utk apa belajar ya, kalau nilai tdk ada pengaruhnya seleksi?”

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *