UNSA ‘Gembleng’ Mahasiswa Barunya Bela Negara di Lanud Adi Soemarmo

JATENGONLINE, SOLO – Sesuai kesepakatan Kemenham dan Kemenristek Dikti pada tahun 2017. Bahwa pendidikan kesadaran bela negara wajib diselenggarakan di setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara, kegiatan pendidikan dan pembinaan kesadaran bela negara yang dilaksanakan oleh Universitas Surakarta (UNSA), dimana merupakan kegiatan pokok yang harus diikuti seluruh mahasiswa baru setelah kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Pelaksanaan Pembinaan kesadaran bela negara dilaksanakan di Lanud Adi Soemarmo Skuadron Pendidikan 402. Alasan UNSA bekerjasama dengan TNI AU karena jadwal yang disediakan bertepatan dan dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang menjadi estafet guna mewujudkan cita cita dan tujuan nasional bangsa indonesia serta senantiasa bisa menjaga keutuhan NKRI dari paham radikalisme maupun pengaruh negatif lainnya. Oleh sebab itu wajib dibekali pemahaman dan pengetahuan melalui kegiatan kesadaran bela negara yang didampingi dosen sebagai pembimbing selama pelaksanaan bela negara.

Agenda kegiatan pembinaan kesadaran bela negara dibuka oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Adi Soemarmo Letkol. Nav Ali Sudirman Pasaribu, SH mewakili Komandan Lanud Adi Soemarmo, serta dihadiri pula oleh pimpinan UNSA. Senin (1/7/2019)

Kegiatan pembinaan kesadaran bela negara ini dilaksanakan guna meningkatkan rasa patriotisme dan rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negara Indonesia. Didukung oleh beberapa pelatih militer untuk membentuk dan membangun karakter sebagai mahasiswa UNSA dan warga negara indonesia. Pelaksanan Pembinaan bela neagara dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 1-3 Juli 2019.

Agenda Bela Negara ini dimulai dengan proses pembukaan, diisi dengan beberapa kegiatan pokok yang mengikutinya meliputi tataran Dasar Negara, Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Bahaya Narkoba, Bahaya Radikalisme, Kedisiplinan sesuai dengan materi kurikulum pendidikan kesadaran bela negara. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *