Waini, Bocah Ndalang di Mall

Dalang Bocah : Arka Pinandita Arsaja, siswa Sarotama saat memainkan wayang di Atrium Palur Plaza. Sabtu (13/7/2019)

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Padepokan Seni Sarotama menggelar Apresiasi Seni Tradisi Wayang Kulit di Palur Plaza Karanganyar, Sabtu (13/7/2019), dengan menampilkan 13 Dalang Bocah.

Penampilan yang jarang-jarang di gelar di pusat perbelanjaan modern ini, mendapat sambutan antusias para pengunjung di mall Timur kota Solo ini, terlebih para orang tua yang anaknya ikut pentas.

Mengenai perkembangan dunia pedalangan bocah, kata pak Mudji, demikian nama lengkap Mudjiono akrab disapa, bahwa sekarang dunia pedalangan sudah cukup diminati dibanding ketika di awal dia mendirikan sanggar.

Pak Mudji, malam itu di atrium Palur Plaza, memainkan kendhang, mengiringi murid-muridnya men-sabet-kan wayang kulitnya.

Apapun bentuk maupun tempatnya Dalang Bocah perlu apresiasi, agar tujuannya mencintai dan melestarikan budaya tetap berlangsung.

“Bagaimanapun dunia pedalangan bocah memiliki keunikannya sendiri. Oleh karenanya, sudah semestinya kita memberi wadah yang tepat untuk mereka tetap berkembang,” katanya

Sementara pihak Staf Promosi Palur Plaza, Julian mengatakan, bahwa even yang jarang di selenggarakan di mal ini diakuinya sangat unik dan menghibur pengunjung yang kebetulan sedang berbelanja.

“Selain bentuk peduli dan nguri-uri terhadap budaya jawa, tingkat kunjungan mall pun terdongkrak, meningkat hingga 40 an persen di banding even lain, karena hiburan yag menarik,” pungkas Julian. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *