Ini Ternyata…, PT Selaras Daya Utama Raih Energy Globe Nasional Indonesia 2019

JATENGONLINE, SOLOSelaras Daya Utama telah berhasil mengembangkan tiga Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off-grid 10 kWp untuk tiga desa terpencil dan terisolasi di Papua dan Papua Barat. Setiap dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang menghasilkan lebih dari 50 kWh per hari, mampu mendukung sekolah dengan lebih dari 200 siswa dan kliniknya, melayani tidak hanya untuk para siswa tetapi juga masyarakat setempat. Solusi ini mengurangi deforestasi dan akibatnya emisi CO2 secara substansial

Penghargaan Energy Globe
Lebih dari 187 negara yang berpartisipasi dan lebih dari 2000 pengiriman proyek setiap tahun, Energy Globe Award adalah hadiah lingkungan paling bergengsi di seluruh dunia saat ini.

Ini membedakan proyek-proyek regional, nasional dan global yang menghemat sumber daya seperti energi atau menggunakan sumber terbarukan atau bebas emisi. Upacara penghargaan diadakan di seluruh dunia. Tokoh terkemuka serta Duta Energi Globe di 90 negara mendukung misi Energy Globe.

Aktivitas Energy Globe menarik perhatian media di seluruh dunia – stasiun TV internasional melaporkan setiap tahun dengan waktu siaran sekitar 1.000 jam. Tujuan dari Energy Globe adalah untuk meningkatkan perhatian global pada solusi lingkungan yang berkelanjutan, dapat diterapkan di mana saja dan untuk memotivasi orang untuk juga menjadi aktif di bidang ini.

Situasi awal
Salah satu alasan utama di balik tantangan pembangunan di Papua dan Papua Barat adalah kurangnya akses listrik, yaitu rasio elektrifikasi yang rendah. Pulau Papua sebagian besar bergunung-gunung dan sebagian besar pulau ditutupi dengan hutan hujan tropis yang lebat. Terdiri dari beberapa suku yang berbeda, sebagian besar suku ini tinggal di lokasi yang berbeda di dataran tinggi terpencil dan terpencil, membuat pulau terbesar di Indonesia ini berpenduduk jarang.

Larutan
Pada tahap awal, perusahaan, PT Selaras Daya Utama, mengidentifikasi lembaga pendidikan yang aktif dalam menyediakan pendidikan kelas dunia di Papua, terutama suku-suku yang terletak di daerah terpencil dan terisolasi di Dataran Tinggi. Setelah menandatangani perjanjian untuk berkolaborasi dengan YPPH, perusahaan mengirim tim teknis untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk merancang solusi Solar Power dengan mensurvei lokasi dan memahami pola beban listrik yang diperlukan untuk sekolah dan klinik.

Inovasi
Keputusan untuk memberdayakan orang Papua setempat sebagai bagian dari tim konstruksi adalah salah satu pendekatan paling inovatif dalam proyek yang menghasilkan banyak manfaat, dari meningkatkan kepercayaan masyarakat lokal terhadap teknologi dan aspek Operasi dan Pemeliharaannya. Selain itu, inovasi ini juga menghemat sejumlah besar biaya proyek karena mengirimkan tim penuh dari pulau utama Jawa ke Papua akan meningkatkan anggaran proyek setidaknya 30 (tiga puluh) persen. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *