Mahasiswa Magang FKIP UNS di SMPN 8 Surakarta

Oleh : Sri Suprapti, Waka Humas SMP Negeri 8 Surakarta

JATENGONLINE – Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat ( learning by doing ).

Pada hari Kamis, 5 September 2019 Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman menerima 21 mahasiswa magang dari FKIP ( Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ) UNS ( Universitas Sebelas Maret Surakarta ).

Mahasiswa yang diterima untuk magang itu sebagai koordinator Dosen adalah Dra. Ani Rahmawati,MA.Phd. di ruang Laboratorium IPA pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.30 WIB. Dari SMP Negeri 8 Surakarta sebagai koordinator pamong adalah Dra. Inawati.

Mahasiswa magang yang berjumlah 21 mahasiswa itu terdiri dari 6 mata pelajaran antara lain ; Bimbingan dan Konseling ( 2 ), Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia ( 4 ) , Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan ( 2 ), Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi ( 2 ), Pendidikan Bahasa Jawa ( 5 ), Pendidikan IPA ( 6 ). Guru Pamong yang akan menjadi pendamping mahasiswa magang antara lain ; Titik Haryani, S.Pd., Siti Martabatul Aliyah, S.Pd., Prico Diana Dewi, S.Pd.MH., Dra. Tri Puji Hartini, Dra. Sri Suprapti, Nanik Hari Mangestu, S.Pd., Rori Khoirudin, S.Pd., Muji Widodo, S.Pd., Dra. Inawati, Dra. Niken Lestari.

Koordinator Dosen Dra. Ani Rahmawati, MA Phd menyampaikan dalam penyerahan mahasiswa magang 3, bahwa selama kurang lebih 2 bulan mahasiswa sepenuhnya melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapkan oleh kampus.

Magang merupakan upaya pengenalan secara dini mahasiswa kepada sekolah yang dilaksanakan secara berjenjang ( magang 1, 2 dan magang 3 ). Kegiatan magang dolaksakan di sekolah mitra, pembimbingnya dilakukan oleh dosen pembimbing magang dan guru pembombing magang. Artinya setelah melakukan tugas magang yang pertama yaitu berlatih perkenalan profesi kependidikan ( observasi sekolah ).

Selanjutnya untuk magang ke dua adalah perencanaan pembelajaran. Juga disampaikan bahwa untuk tahun yang akan datang mahasiswa magang akan berubah menjadi PLP ( Praktek Lapangan Pendidikan ) selama kurang lebih 4 bulan dengan jumlah 4 sks. Untuk mematangkan bagi mahasiswa.

Magang adalah suatu wadah untuk melatih dirinya bagaimana nantinya bekerja di dunia kerja yang sebenarnya. Magang merupakan syarat utama untuk melalui proses pendidikan . Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melakukan magang disuatu tempat terlebih dahulu sebelum mendapatkan gelarnya.

Magang memang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. Magang juga sebagai kesempatan untuk mengimplemantasikan ilmu-ilmu atau teori-teori yang selama ini sudah dipelajari di perkuliahannya.

Program magang 3 ini memberikan pengalaman awal tambahan sesuai dengan kewenangan tambahan yang akan diberikan kepada calon guru. Magang 3 juga bertujuan menyiapkan kemampuan awal calon pendidik dengan mengalami langsung pendidik dengan mengalami langsung mengajar pada bidang-bidang tertentu dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa magang ini diharapkan agar bisa menjadi calon guru yang baik atau setidaknya bisa meniru bapak ibu guru yang menjadi pembimbinya atau bisa meniru dari guru yang lain. Belajar bisa dengan siapa saja, jadi tidak harus menganggap sudah tua bisa dalam segalanya.

SMP Negeri 8 Surakarta dengan bangga menerima 21 mahasiswa magang dan semaksimal mungkin memberikan sesuatu yang berguna bagi calon guru tersebut dalam hal ini bisa dikatakan berbagi ilmu. Kebetulan mahasiswa magang yang berjumlah 21 mahasiswa ini hanya 1 saja yang laki-laki, hal ini bisa menjadi bukti bahwa mendidik merupakan dominan dari pada para ibu.

Disampaikan juga bahwa pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 yang mana kurikulum ini untuk mendampingi anak agar berkarakter atau yang lebih populernya PPK ( Penanaman Pendidikan Karakter ). Membiasakan melakukan perilaku yang baik. SMP Negeri 8 Surakarta yang berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa.

Perlu diketahui bahwa SMP Negeri 8 Surakarta berhasil menjadi juara 3 Lomba Sekolah Sehat se Kota Surakarta. Terbukti bahwa sekolah ini memang benar-benar bersih dan sehat. Bukti lain adalah bahwa SMP Negeri 8 Surakarta meraih predikat juara Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Sekolah yang termasuk rayon Timur Kota Surakarta ini memang menjadi sekolah favorit bagi masyarakat Solo bagian timur. Kepala Sekolah Triad Suparman mengharapkan agar mahasiswa magang bisa mengikuti kebiasaan yang ada di sekolah ini. Bahkan diharapkan untuk seragam agar menyesuaikan dalam arti menyesuaikan seragam mahasiswa magang. Dan khusus untuk hari Jumat menyesuaikan.

Keberhasilan penyelenggaraan program magang membutuhkan keharmonisan hubungan para pihak, yaitu FKIP UNS, mahasiswa peserta magang, sekolah mitra, dosen pembimbing dan guru pembimbing. Dengan kondisi tersebut diharapkan selalu terbentuk secara kondusif baik di kampus maupun di sekolah mitra sehingga keberhasilan penyelenggaraan program maupun pencapaian tujuan magang, keduanya dapat berhasil. (*)

Satu tanggapan untuk “Mahasiswa Magang FKIP UNS di SMPN 8 Surakarta

  • Sab, 7 Sep 2019 | 16:07 pada 4:07 PM
    Permalink

    PPK = Penguatan Pendidikan Katakter

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: