Terjadi Lompatan Besar di Sektor Industri

JATENGONLINE, SOLO – “Lompatan besar terjadi di dunia wirausaha khususnya sektor industri, di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya. Tak cuma pada proses produksi, juga pada seluruh rantai nilai industri agar menumbuhkan model bisnis yang kontemporer berbasis digital agar meraih efisiensi yang tinggi dan kualitas produk lebih baik,” kata Antok Boni Trisnanto, Calon Ketum Hipmi Solo Periode 2019-2022 Nomor Urut 1.

Ada hal menarik, menurut Antok, yang perlu diketahui dan dioptimalkan oleh para wirausahawan berhubungan dengan industri 4.0

Diperlukan inisiatif dan adaptasi dengan standar industri baru yang terbuka dan dikembangkan sendiri untuk pertukaran data dalam industri yang terhubung. Ini akan memungkinkan interaksi antara berbagai mitra dalam internet of things (IoT) dan dalam Industry 4.0.

“Standar baru ini berpotensi mendukung transfer data yang cepat, mudah, dan aman dari sensor yang disuplai oleh UKM kepada produsen ke sistem produksi perusahaan besar,” katanya.

Ada kemungkinan terjadi redistribusi tenaga kerja yaitu membuka jalan bagi peluang kerja baru. Industri 4.0 membuka pintu untuk tenaga kerja baru terampil di bidang-bidang seperti teknik mekatronika, mekanik industri, dan teknik elektro untuk teknologi otomasi.

“Untuk generasi muda, sekarang adalah waktu untuk mempertimbangkan memilih bidang studi berhubungan dengan bidang tersebut, dan kemungkinan karir tidak terbatas karena Industry 4.0 meluas di semua sektor,” imbuhnya

Sedangkan inovasi dalam Industri 4.0 berarti kualitas layanan dan produk yang lebih baik, penggunaan bahan yang lebih efisien dan standar keamanan yang lebih baik.

Pengusaha sepantasnya memanfaatkan era industri 4.0 sebaik mungkin. Jangan sampai terlambat mengantisipasi dan beradaptasi dengan gelombang revolusi industri 4.0. Perubahan ini dapat menjadi tantangan sekaligus peluang baru bagi pelaku wirausaha. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: