Diperlukan Strategi Leader Efektif Untuk Mengembangkan Organisasi

Antok Boni Trisnanto, Caketum Hipmi 2019-2022 Nomor Urut 1

JATENGONLINE, SOLO – Perlu strategi leader efektif supaya usaha yang dijalankan memiliki hasil yang maksimal. Pengertian kepemimpinan adalah suatu kemauan seseorang untuk mempengaruhi orang lain supaya dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan.

Sedangkan organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang bekerja untuk mencapai tujuan yang sama, dan seorang pemimpin sangat dibutuhkan untuk menetapkan tujuan tersebut.

Organisasi Sosial maupun Profesi akan menghadapi berbagai tantangan di dalam mencari dan mengembangkan pemimpin yang unggul. Pemimpin yang tidak hanya bekerja secara sendiri dan tanpa melibatkan siapapun merupakan suatu bentuk strategi leader efektif.

Kepemimpinan yang efektif bukan sekedar suatu pusat kedudukan atau kekuatan, akan tetapi juga merupakan suatu interaksi aktif antar komponen yang efektif. Fungsi dari seorang pemimpin yang efektif adalah dapat membantu dalam mencapai tujuan organisasi, menggerakan anggota menuju tujuan tersebut serta mewujudkan interaksi dan keterikatan diantara individu dan memelihara kekuatan dan kohesi para anggotanya.

Sejumlah strategi kepemimpinan yang efektif bakal diterapkan Antok Boni Trisnanto tiga tahun kedepan, jika dirinya di amanahi untuk mengembangkan Hipmi Solo kedepan. Yang akan dilakukan oleh Calon Ketua Umum (caketum) periode 2019 – 2022 Nomor Urut 1 ini adalah menguatkan visi dan misi organisasi.

“Seorang pemimpin harus memiliki sebuah visi tentang apa yang ingin diciptakan. Kekuatan visi telah dipercaya dapat menjadi sebuah alat kunci dari kepemimpinan,” kata Antok.

Menjadi contoh yang baik, di dalam menetapkan contoh yang baik orang akan cenderung meniru apa yang mereka lihat, daripada melakukan apa yang telah diperintahkan untuk dilakukan.

“Pemimpin harus menjadi contoh yang baik tentang perilaku supaya para anggota dapat mengambil contoh dari perilaku tersebut,” imbuhnya.

Dan, pemimpin perlu menjadi komunikator yang baik dengan menggunakan sebuah presentasi, rapat dan situasi lain yang berhadapan secara efektif baik tertulis dan menggunakan media elektronik. Hal itu dapat digunakan sebagai salah satu strategi leader efektif, karena logika dan posisi kekuasaan tidak lagi cukup untuk mempertahankan posisi kepemimpinan di sebagian besar organisasi selama ini.

Pemimpin perlu untuk menjadi seorang manajer yang baik, secara profesional atau pribadi. Karena, banyak pemimpin sekarang ini telah menyadari pentingnya memiliki dasar finansial yang kuat untuk memungkinkan mereka lebih merasa aman dan melakukan apa yang mereka tahu dengan benar bagi organisasi mereka, daripada mengambil tindakan yang dapat melindungi posisi mereka sendiri di dalam suatu organisasi tersebut.

Oleh karena itu apabila seorang pemimpin khawatir tentang masalah uang, maka akan sulit bagi mereka untuk dapat menginspirasi orang lain.

“Untuk mengembangkan suatu organisasi. Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, diperlukan kebijakan dalam menjalaninya,” pungkas Antok

Dan bukan tanpa alasan slogan dan ajakannya untuk menginspirasi segenap anggota Hipmi Solo, Membangun ide kreatif dan inovatif sebagai sarana membangun kerjasama yang profesional untuk kemajuan bersama yang tepat guna. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *