Kemeriahan Peringatan Hari Batik di SMPN 8 Solo

Oleh : Sri Suprapti, Waka Humas SMP Negeri 8 Surakarta.

Pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 merupakan hari Batik Nasional yang ke 10. Tidak ketinggalan di SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman,M.Pd. juga ikut merayakan hari Batik. Berbeda dengan hari biasanya, semua warga SMP Negeri 8 Surakarta menggunakan baju Batik yang paling disenangi dan mungkin juga malah paling mahal. Begitu antusiasnya warga menggunakan baju batik masing-masing dengan perasaan bangga dan nyaman untuk dipakai menjalankan tugas sebagai seorang pelajar dan sebagai seorang guru dan karyawan.

Batik berdasarkan KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ), batik merujuk kepada sebuah kata benda. Yang dimaksud di sini adalah kain batik atau baju batik yang sudah selesai dilukis. Walaupun yang dimaksud secara definisi adalah batik tulis yang menggunakan canthing, namun metode pembuatan batik sendiri ada beberapa, seperti cap, cetak dan printing. Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilaiseni tinggi di atas kain mori. Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa Jawa, yang artinya adalah menulisa titik kalau jaman dulu disebut ambatik. Dari kata itulah bisa dimengerti bahwayang dimaksud itu adalah batik yang dilukis dengan canting.

Tidak lupa juga bagi Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. dengan penampilan yang kalem tapi tetap berwibawa menggunakan batik kesayangannya. Beliau menyampaikan dalam wawancara dengan waka humas Sri Suprapti bahwa batik merupakan kebanggaan bangsa Indonesia. Batik sebagai warisan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Dan tidak ada yang tidak suka dengan batik, semuanya suka akan batik.

Dalam perayaan hari Batik kali ini di SMP Negeri 8 Surakarta Waka Kesiswaan Wahyu Prihatin Sayekti mengadakan beberapa lomba yang dilakukan oleh semua siswa di mulai dari kelas 7 ( tujuh ) sampai dengan kelas 9 ( Sembilan ). Adapun lomba yang ditampilkan antara lain yaitu : 1. Lomba melukis di telenan dengan peserta 5 siswa per kelas. Kelas 7 ( tujuh ) mengacu kepada batik Surakarta, kelas 8 ( delapan) ke batik Yogyakarta dan kelas 9 ke batik Pekalongan. 2. Lomba modifikasi kain batik tanpa dijahit ( kreativitas siswa ) masing-masing kelas 2peserta ( 1 sebagai creator dan 1 sebagai model ). 3. Fashion show untuk semua siswa selain peserta lomba melukis dan modifikasi.

Paling meriah yang dilakukan adalah fashion show yang dilakukan oleh siswa. Karena belum mendapatkan ilmu keserasian dan ilmu keluwesan mereka saling berlomba memperagakan dengan sepenuh hati dan ala kadarnya. Bahkan ada juga yang hanya berjalan biasa tanpa ada luwesnya sama sekali. Modifikasi kreasi kain batik juga tidak kalah hebohnya. Karena ternyata kreativitas siswa SMP pantas untuk diacungi jempol. Dan modelnya di saat tampil juga bisa melakukan kreasinya seperti peragawati asli. Keluwesan dan keserasian busananya memang hebat-hebat. Untuk melukis memang banyak sekali yang terlihat bagus sesuai dengan tema, komposisi warna dan kerapian. Bahkan banyak yang kagum dengan hasil lukisan dari peserta lomba melukis ini.

Hasil pemenang lomba yang dilakukan dalam rangka hari Batik Nasional SMP Negeri 8 Surakarta yaitu :

Juara lomba membatik di atas telenan dari kayu kelas 7 ( tujuh ) ;
Juara 1 : Isnaini Izzahu L ( 7 F )
Juara 2 : Amaranggana P ( 7 C )
Juara 3 : Kyla Thalia A ( 7 A )
Juara Harapan 1 : Ekklesia Mirai A ( 7 A )
Juara Harapan 2 : Abimanyu ( 7 H )

Juara lomba membatik di atas telenan dari kayu kelas 8 ( delapan ) ;
Juara 1 : Immanuel Adon P ( 8 A )
Juara 2 : Katarina Angel S ( 8 A )
Juara 3 : Gina Elikatena ( 8 A )
Juara Harapan 1 : Salsabila Rindi A ( 8 G )
Juara Harapan 2 : Zahra Zaini U ( 8 B )

Juara lomba membatik di atas telenan dari kayu kelas 9 ( Sembilan ) :
Juara 1 : Anisa Eka M ( 9 F )
Juara 2 : Elisa Fitriani ( 9 C )
Juara 3 : Nur Rohmad ( 9 A )
Juara Harapan 1 : Suci Wulandari ( 9 A )
Juara Harapan 2 : Siti Fatimah ( 9 D )

Juara Fashion Show :
Juara 1 : Olivia ( 7 C )
Juara 2 : Abid Hanan W ( 8 D )
Juara 3 : Ardiansyah ( 9 B )

Juara Kreasi Kain Batik Kelas 7 :
Juara 1 ( 7G )
Juara 2 ( 7 A )
Juara 3 ( 7 H )

Juara Kreasi Kain Batik Kelas 8 :
Juara 1 ( 8 B )
Juara 2 ( 8 C )
Juara 3 ( 8 G )

Juara Kreasi Kain Batik Kelas 9 :
Juara 1 ( 9 G )
Juara 2 ( 9 D )
Juara 3 ( 9 H )

Acara lomba berakhir pada pukul 11. 00 WIB ditutup dengan foto bersama antara para peserta lomba dengan para juri dan Kepala Sekolah. Setelah berakhirnya lomba, dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya.

Harapan dari pada Waka Kesiswaan Wahyu Prihatin Sayekti, dengan diadakan lomba ini agar anak bisa merasa bangga dengan batik dan menyukai batik. Karena batik yang sudah diakui dunia ini merupakan warisan leluhur yang perlu dilestarikan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *