Jika Rumah Susun Jadi Pilihan, Anda Harus Tahu Ini !

Sertifikat Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) bukan Hak Milik murni karena yang dimaksud Hak Milik hanya unit bangunan saja. Tingkat kepemilikannya setara dengan Hak Guna Bangunan (HGB).

JATENGONLINE, SOLO – Sebelum memutuskan membeli apartemen atau rumah, maka yang harus benar-benar diperhatikan adalah kelengkapan surat dan kepemilikan properti tersebut. Karena, ada beberapa hal tentang sertifikat apartemen dan rumah susun yang perlu dipahami jika ingin memilikinya.

Secara umum, ada 4 hak kepemilikan yang dikenal pengembang maupun pemilik rumah yaitu Hak Milik (HM), Hak Guna Bangunan (HGB). Sementara untuk sertifikat apartemen berlaku kepemilikan dengan status Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dan Strata Title.

Sebagaimana disampaikan Susanto Liem, praktisi properti di Joglosemar, bahwa Hak Pengelolaan Lahan (HPL) adalah suatu hak yang menyangkut kewenangan seperti merencanakan peruntukan dan penggunaan tanah yang bersangkutan, menggunakan tanah tersebut untuk keperluan pelaksanaan usaha serta menyerahkan bagian-bagian dari tanah itu kepada pihak ketiga menurut syarat yang ditentukan oleh perusahaan pemegang hak tersebut.

Sedangkan strata title sendiri, lanjut Susanto, pada dasarnya adalah hak milik atas satuan rumah susun. Strata title juga merupakan hak kepemilikan bersama atas kompleks bangunan yang terdiri dari hak eksklusif atas ruang pribadi sekaligus hak bersama atas ruang publik.

Ini berarti, di ruang pribadi dimana unit apartemen atau rumah susun si pemilik tidak terikat aturan. Sementara, ketika berada di ruang publik seperti di kolam renang, taman dan sebagainya, dia terikat peraturan karena ruang publik juga dimiliki penghuni-penghuni lain.

“Konsep strata title memisahkan hak terhadap beberapa strata atau tingkatan, yaitu terhadap hak atas permukaan tanah, atas bumi di bawah tanah dan udara di atasnya. Sertifikat Apartemen dan Hak Kepemilikannya berbeda dengan hak milik pada landed house,” Prinsipal ERA iREA Property ini.

Status kepemilikan setiap pemilik unit apartemen adalah Satuan Hak Milik Satuan Rumah Susun (SHMSRS).

Meski demikian, SHMSRS tidak memberikan kepastian kepada pemilik unit bahwa tanah apartemen dengan serta merta menjadi pemilik unit secara keseluruhan, melainkan bergantung pada status tanah yang dimiliki pihak pengembang.

“Jadi, sebelum membeli rumah atau, terutama, apartemen, pastikan Anda mengetahui status sertifikat rumah tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari,” pungkasnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!