Bagi-bagi Skutik NMAX Merah di Sukoharjo Disoal

BERJEJER : Skutik premium NMAX warna merah, sebagai sarana operasional kades dan lurah di Kabupaten Sukoharjo.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Bagi-bagi sepeda motor skutik Yamaha NMAX warna merah yang dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo dan Pemkab Klaten untuk para kades dan lurah jelang pelaksanaan Pilkada 2020, disoal lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Penyelamat Asset dan Anggaran Belanja Negara (LAPAAN) RI.

Adalah BRMH Kusumo Putro, Ketua LSM LAPAAN RI menyatakan, bahwa terlepas dari manfaat untuk menunjang kinerja. Skutik premium senilai Rp 27,5 juta per unitnya ini, kental bernuansa politis. Menilik dari pilihan warna, waktu pembagian dan besarnya anggaran.

“Ini sangat tidak tepat. Selain mendekati Pilkada 2020. Pilihan warnanya seragam, merah semua,” tegas Kusumo. Kamis (5/12/2019).

Menurut Kusumo, dari pilihan warna senada hingga waktu pelaksanaan pembagiannya, sarat muatan politik. “Ini aji mumpung untuk kepentingan Pilkada,” tegasnya. Padahal belum ada rekomendasi pasti dari pimpinan tertinggi semua parpol. .

“Ini nggege mangsa memaksakan diri harus mereka yang dapat rekomendasi untuk maju sebagai calon kepala daerah,” kilah Kusumo.

Hal ini menunjukkan tidak adanya etika pemimpin untuk memberi teladan yang baik kepada rakyat yang dipimpinnya, imbuhnya.

Seperti diketahui, bahwa untuk pengadaan motor premium tersebut dialokasikan milyaran rupiah dari anggaran daerah, menurut Kusumo, ini merupakan pemborosan ditengah masih tingginya angka kesenjangan sosial masyarakat.

Dimana Pemkab Sukoharjo melalui APBD Perubahan 2019 menggelontorkan dana Rp 4,9 miliar guna membeli sebanyak 179 unit skutik NMAX untuk operasional kades dan lurahnya.

Dengan sumber dana yang sama, APBD Perubahan 2019 dengan pagu anggaran Rp11,9 miliar. Pemkab Klaten, pengadaan sebanyak 401 unit skutik NMAX operasional lurah dan kades bersamaan dengan pengadaan 26 motor Honda Supra X 125 untuk operasional kasi trantib kecamatan. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!