Pesakom BPR/BPRS Soloraya Gelar Seminar Outlook Ekonomi 2020

Fintech pengaruhi kinerja dan pencapaian BPR

JATENGONLINE, SOLOPaguyuban Pemegang Saham dan Komisaris (Pesakom) BPR/BPRS Soloraya, berencana menggelar seminar Outlook Ekonomi 2020: Eksistensi BPR/BPRS di Indonesia. Senin (6/1/2019) mendatang.

Seminar diselenggarakan di Swiss Belinn Hotel, Solo, menghadirkan narasumber Chairman Infobank Institute Jakarta, Eko B Supriyanto dan Didik Yochanan dari BPR Restu Grup.

Sementara, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) diprediksi bakal mengahadapi tantangan serius di tahun 2020. Alasannya pemerintah bakal menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dari 7% menjadi 6% pada 2020 mendatang.

Selain juga bakal menaikkan plafon KUR menjadi 325 T, serta plafon pada debitur mikro pun akan ditingkatkan dari 25 jt menjadi 50 jt. Imbasnya adalah segmen KUR tersebut menyasar debitur yang sama dengan BPR yakni mikro.

Ketua Penyelenggara Seminar Solichul Hadi menyatakan, bahwa tantangan sebelumnya yang cukup berat adalah persaingan dengan pinjaman online alias Financial Technology (Fintech) peer to peer lending yang terus tumbuh melesat mencapai 121,76%.

“Kesulitan lain yang dihadapi adalah kebutuhan modal,” tegasnya di sela pertemuan dengan media di Resto Solo Bistro. Jumat (3/1/2020)

Lebih lanjut disampaikannya, di dalam POJK no 05/POJK.03/2015 tentang kewajiban penyertaan modal minimum dan pemenuhan modal inti BPR 3 M paling lambat 31 Desember 2019 dan 6 M pada 31 Desember 2024 yang harus segera terpenuhi.

Kiranya perlu adanya regulasi dari pemerintah dalam hal ini OJK yang membawa angin segar untuk pelaku bisnis BPR agar bisa menjadi PT (Perseroan Terbatas) Terbuka dengan diberi ijin melakukan perubahan anggaran dasar dimana pemegang saham tidak dibatasi WNI, karena perusahaan Fintech bermodal asing yang unlimited resources dan operasional diseluruh Indonesia.

Menurut rencana seminar juga akan dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo dan akan dibuka oleh Kepala OJK Surakarta, serta dihadiri 100 pengurus dan anggota Pesakom Soloraya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *