International Relations Slamet Riyadi Short Diplomatic Course

JATENGONLINE, SOLO – Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himahi) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar International Relations Slamet Riyadi Short Diplomatic Course (SDC), bertempat di gedung H, ruang seminar lantai 5.

Ketua Pelaksana Chandra Arief Madianto menyampaikan, SDC kali ini merupakan acara pertama yang diadakan oleh HIMAHI Unisri.

Tujuan dari SDC ini adalah agar mahasiswa HI UNISRI lebih paham mengenai peran mereka sebagai mahasiswa HI secara implementif dalam kehidupan nyata serta dunia pekerjaan nantinya, juga untuk mengembangkan potensi akademik melalui simulasi sidang yang dikemas dalam acara SDC.

Selain itu, acara ini juga untuk memperkenalkan salah satu tata cara etika diplomatik yaitu melalui table manner dan etiket jamuan internasional.

Kegiatan SDC ini diikuti sejumlah 80 orang, yang terdiri dari internal mahasiswa HI UNISRI, serta perwakilan siswa dari SMA se-Surakarta untuk turut berpartisipasi dalam acara ini.

“Kami berharap para peserta dr SMA ini dapat memiliki tambahan wawasan terkait dinamika hubungan internasional dan peran edukasi bagi kemajuan pendidikan dan kesetaraan global,” jelas Chandra Arif.

Sementara kegiatan International Relations Slamet Riyadi Short Diplomatic Course diawali dengan seminar nasional bertema “The Role of Diplomacy in Strengthening and Pursuing Education Equality”. Dengan menghadirkan pemateri pertama dalam seminar nasional ini Hariyanta Soetarto, SH, selaku Kepala Bidang Pembinaan Jabatan Fungsional Non-Diplomatik I Kementrian Luar Negeri Indonesia.

Selain itu, Ganjar Widhiyoga, Ph.D selaku Kepala Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unisri juga turut menyampaikan materi. Seminar nasional ini dimoderatori oleh Drs. GPH Dipokusumo, M.Si.

Selanjutnya dari International Relations Slamet Riyadi Short Diplomatic Course adalah pelatihan short diplomatic course, dan table manner. Dalam pelatihan ini, mahasiswa HI UNISRI belajar tata cara diplomasi dan perundingan internasional. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *