Hotel Menangis – Hotel Optimis

JATENGONLINE, SOLO – Hotel-hotel di Kota Solo tingkat hunian kamarnya turun drastis paska penetapan status kejadian luar biasa (KLB) Corona kota Solo. Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap okupansi hotel. Mulai agenda MICE yang ditunda, kegiatan-kegiatan dari perusahaan multilevel nasional.

Meski demikian sejumlah hotel di Solo berupaya untuk tetap eksis dengan menggelar paket, diantaranya delivery makanan, yang bisa diorder untuk memudahkan para tamu menikmati makanan dengan cita rasa hotel di rumah. Selain terus mengedukasi tamu tentang COVID-19, dan meminimalisir penyebaran virus dengan meningkatkan standard kebersihan hotel. Paket isolasi pun digelar untuk menjual kamar, untuk mendongkrak okupansi.

Merebaknya dampak Virus Corona yang menerpa industri perhotelan tak luput mendapat perhatian dari pengamat bisnis Hotel Dicky Sumarsono, yang menyebut gara gara pandemi global itu pendapatan bisnis hotel turun drastis.

bedroom

Menurut Dicky, akibat Corona pendapatan hotel menurun drastis. Padahal pengeluaran tetap terus ada, baik ekonomi makro dan di Indonesia khususnya sangat cepat terkena imbasnya.

“Pasar saham di seluruh dunia hancur lebur,” tegasnya.

Indonesia bahkan sempat disuspend beberapa kali karena indeks saham mengalami penurunan tajam berkali-kali, katanya.

Meski begitu sebagai pelaku hotel, Dicky tetap yakin dan optimis kalau bisnis hotel akan membaik sekitar bulan Juni 2020.

Walaupun dampak terhadap Azana Hotels, bisnis hotel yang dikelolanya, dari total 50 hotel di Indonesia ada sekitar 30 hotel yang berdampak lumayan signifikan dengan adanya pandemi Covid-19 ini.

“Optimis pandemi Covid-19 ini berakhir kisaran Mei pertengahan atau awal-awal bulan Juni 2020,” yakinnya.

Bahkan disejumlah daerah sudah banyak hotel yang merumahkan karyawannya, menutup operasinya untuk sementara karena tidak adanya tamu. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!