Penyerahan Mahasiswa Magang FKIP UNS Di SMPN 8 Solo

JATENGONLINE, SOLO – Magang merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat ( learning by doing ). Pada hari Selasa, 4 Agustus 2020 Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. menerima 19 mahasiswa magang dari FKIP ( Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ) UNS ( Universitas Sebelas Maret Surakarta ).

Mahasiswa yang diterima untuk magang itu sebagai koordinator Dosen adalah Drs. Waluyo, M.Or.dari Dosen Olah Raga di ruang Aula pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.30 WIB. Dari SMP Negeri 8 Surakarta sebagai koordinator pamong adalah Hesti Setyaningsih, S.Kom ( Waka Kurikulum ). Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd menyampaikan dalam sambutannya Mahasiswa Magang 3 saat ini berbeda dengan magang – magang mahasiswa sebelumnya. Karena mewabahnya Covid-19 di saat ini membuat pelaksanaan kegiatan dibidang pendidikan berbeda dan sangat berdampak.

Begitu juga pelaksanaan magang pada saat ini. Walaupun demikian kita harus tetap semangat menyesuaikan keadaan pada saat ini bahwa pembelajaran daring. Akan tetapi di SMPN 8 Surakarta juga melayani peserta didik yang mengalami kendala atau permasalahan yang terkait sarana dan prasarana dalam mengikuti pembelajaran daring.

Kepala SMPN 8 Surakarta juga menyampaikan kepada mahasiswa yang mewakili dalam penyerahan yaitu Kansa Nur Annisa dan Yuniar Mindiarti keduanya dari pendidikan IPA apa bila akan melaksanakan konsultasi dengan guru pamong dapat digilir untuk menghindari kerumunan.

Sambutan Koordinator dari UNS adalah Drs. Waloyo, M.Or. memberikan sambutan mengucapkan rasa hormatnya kepada Kepala Sekolah, Koordinator Pamong, Bapak Ibu Pamong, juga keluarga besar SMPN 8 Surakarta yang tidak dapat disebutkan satu – persatu. Drs. Waluyo, M.Or. menyampaikan yang utama harus selalu mengucap syukur atas kenikmatan yang dilimpahkan.

Dari pihak UNS melakukan evaluasi bahwa SMPN 8 Surakarta merupakan SMP yang berpredikat bagus. Mahasiswa Magang yang diserahkan saat ini, dulu istilahnya mahasiswa PPL .Mahasiswa Magang ini hampir sama dengan PPG.

Magang merupakan program yang harus dilalui oleh para mahasiswa FKIP. Di hari yang sama UNS mendapatkan pemberian materi PPG. Magang mahasiswa ada magang 1, magang,2 dan magang 3. Magang ini ketika suasana tidak KLB melewati observasi, praktik dan yang terakhi FGD.

Tahun ini jurusan Olah Raga merupakan tahun terakhir bergabung dengan FKIP, akan tetapi nanti tahun berikuttnya Olah Raga akan terpisah menjadi F.KOR. Sebenarnya UNS siap apa bila SMPN 8 Surakarta menginginkan penyerahan secara lengkap, akan tetapi Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menghendaki penyerahan magang 3 ini hanyalah perwakilan saja demi mengutamakan keselamatan dan kesehatan dari mewabahnya covid-19.

Pihak UNS menyerahkan ke 19 ( sembilan belas ) Mahasiswa Magang 3 ini dibimbing untuk memenuhi kemampuan yang nantinya akan menjadi guru yang berkualitas. Disampaikan juga bahwa ke 19 mahasiswa akan siap menerima bimbingan dan pendampingan dari Bapak dan Ibu pamong yang sudah bersertifikasi.

Selain itu juga menyampaikan kepada mahasiswa saat ini adalah mengajar melalui daring. UNS juga sangat berterimakasih kepada keluarga besar SMP Negeri 8 Surakarta atas bimbingan dan pendampingannya, mengucapkan terimakasih semoga semua kebaikan dan ketulusan dari SMPN 8 Surakarta, Tuhan akan melimpahkan amal kebaikan.

Koordinator Dosen Drs.Waloyo, M.Or juga menyampaikan apabila Bapak Ibu Guru pamong akan mengadakan koordinasi dengan Mahasiswa Magang dapat diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Acara berikutnya sambutan dari koordinator pamong Hesti Setyaningsih, S.Kom. memperkenalakan Pamong dan Mahasiswa yang berjumlah 19 Mahasiswa dengan Guru Pamong antara lain:

Dra. Inawati, S.Pd pamong Bimingan konseling ( 1 Mahasiswa dengan Pembimbing Dr. Edy Legawa, M.Pd. )
Hediyartiningsih, S.P.d. pamong Bimbingan konseling ( 1 Mahasiswa, Dosen Pembimbing Dr. Edy Legawa, M.Pd. ).
Hasmanty Sri Lestari, S.Pd. pamong Bahasa Indonesia ( 1 Mahasiswa, Dosen Pembimbing Dra. Ani Rakhmawati, M.A.,Ph.D.).
Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. pamong Bahasa Indonesia ( 1 Mahasiswa, Dosen Pembimbing Dra. Ani Rakhmawati, M.A. Ph.D.).
Wuri Agung Purnomoyarti, S.Pd. pamong PPKN ( 1 Mahasiswa, Dosen Pamong Dr.Sri Haryati.M.Pd.).
Prico Diana Dewi, S.Pd, M.Hum. pamong PPKN ( 1 Mahasiswa, Dosen Pamong, Dr. Sri Haryati, M.Pd.).
Nur Khasan, S.Pd. pamong Penjaskes ( 2 Mahasiswa, Dosen Pembimbing Drs. Waluyo, M.Or.).
Dra. Tripuji Hartini pamong Penjaskes ( 1 Mahasiswa. Dosen Pembimbing Drs. Waluyo, M.Or.).
Nanik Hari Mangestu Rohani, S.Pd. pamong Bahasa Jawa ( 3 Mahasiswa, Dosen Pembimbing Rahmat, S.S.,M.A.).
Dra. Sri Suprapti pamong Bahasa Jawa ( 2 Mahasiswa, Dosen Pembimbing Rahmat, S.S.,M.A.)..
Muji Widodo, S.Pd. Fis pamong IPA ( 3 Mahasiswa, Dosen Pembimbing Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si. dan Dr. Sri Widoretno, M.Si.).
Rori Khoirudin, S.Pd. pamong IPA ( 2 Mahasiswa , Dosen Pamong Riezky Maya Probosari,S.Si.,M.Si. dan Dr. Sri Widoretno, M.Si.).

Koordinator Dosen Drs. Waluyo, M.Or. menyampaikan dalam penyerahan mahasiswa magang 3, bahwa selama kurang lebih 2 bulan mahasiswa sepenuhnya melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapkan oleh kampus. Magang merupakan upaya pengenalan secara dini mahasiswa kepada sekolah yang dilaksanakan secara berjenjang ( magang 1, 2 dan magang 3 ).

Kegiatan magang dilaksanakan di sekolah mitra, pembimbingnya dilakukan oleh Dosen Pembimbing Magang dan Guru Pembimbing Magang. Artinya setelah melakukan tugas magang yang pertama yaitu berlatih perkenalan profesi kependidikan ( observasi sekolah ). Selanjutnya untuk magang ke dua adalah perencanaan pembelajaran. Juga disampaikan bahwa untuk tahun yang akan datang mahasiswa magang akan berubah menjadi PLP ( Praktek Lapangan Pendidikan ) selama kurang lebih 4 bulan dengan jumlah 4 sks. Untuk mematangkan bagi mahasiswa.

Magang adalah suatu wadah untuk melatih dirinya bagaimana nantinya bekerja di dunia kerja yang sebenarnya. Magang merupakan syarat utama untuk melalui proses pendidikan . Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melakukan magang disuatu tempat terlebih dahulu sebelum mendapatkan gelarnya.

Magang memang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. Magang juga sebagai kesempatan untuk mengimplemantasikan ilmu-ilmu atau teori-teori yang selama ini sudah dipelajari di perkuliahannya. Walaupun pembelajaran daring SMPN 8 Surakarta menerapkan tata tertib sekolah yang berlaku. Walaupun daring dari rumah peserta didik memakai seragam sekolah dan sesuai jadwal yang sudah disusun oleh sekolah. Oleh karena itu mahasiswa magang 3 dari UNS mohon bisa menyesuaikan. Dan diharapkan magang 3 versi covid 19 bisa berjalan sesuai rencana dan hasilnya seperti yang di harapkan.

Program magang 3 ini memberikan pengalaman awal tambahan sesuai dengan kewenangan tambahan yang akan diberikan kepada calon Guru. Magang 3 juga bertujuan menyiapkan kemampuan awal calon pendidik dengan mengalami langsung pendidik dengan mengalami langsung mengajar pada bidang-bidang tertentu dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa magang ini diharapkan agar bisa menjadi calon Guru yang baik atau setidaknya bisa meniru Bapak Ibu Guru yang menjadi pembimbinya atau bisa meniru dari Guru yang lain. Belajar bisa dengan siapa saja, jadi tidak harus menganggap sudah tua bisa dalam segalanya.

SMP Negeri 8 Surakarta dengan bangga menerima 19 mahasiswa magang dan semaksimal mungkin memberikan sesuatu yang berguna bagi calon Guru tersebut dalam hal ini bisa dikatakan berbagi ilmu. Kebetulan mahasiswa magang yang berjumlah 19 mahasiswa ini 3 yang laki-laki, sisanya 16 perempuan hal ini bisa menjadi bukti bahwa mendidik merupakan dominan dari pada para ibu.

Disampaikan juga bahwa pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 yang mana kurikulum ini untuk mendampingi anak agar berkarakter atau yang lebih populernya PPK ( Penanaman Pendidikan Karakter ). Membiasakan melakukan perilaku yang baik. SMP Negeri 8 Surakarta yang berprestasi, berkarakter, berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa.

Perlu diketahui bahwa SMP Negeri 8 Surakarta berhasil menjadi juara 3 Lomba Sekolah Sehat se Kota Surakarta. Terbukti bahwa sekolah ini memang benar-benar bersih dan sehat. Bukti lain adalah bahwa SMP Negeri 8 Surakarta meraih predikat juara Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Sekolah yang termasuk rayon Timur Kota Surakarta ini memang menjadi sekolah favorit bagi masyarakat Solo bagian timur.

Kepala Sekolah Triad Suparman ,M.Pd. mengharapkan agar mahasiswa magang bisa mengikuti kebiasaan yang ada di sekolah ini. Bahkan diharapkan untuk seragam agar menyesuaikan dalam arti menyesuaikan seragam mahasiswa magang. Dan khusus untuk hari Jumat menyesuaikan.

Keberhasilan penyelenggaraan program magang membutuhkan keharmonisan hubungan para pihak, yaitu FKIP UNS, Mahasiswa peserta magang, Sekolah mitra, Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing. Dengan kondisi tersebut diharapkan selalu terbentuk secara kondusif baik di kampus maupun di sekolah mitra sehingga keberhasilan penyelenggaraan program maupun pencapaian tujuan magang, keduanya dapat berhasil. (*)

Ditulis: Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd., Waka Kesiswaan SMP Negeri 8 Surakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *